Sesalkan Kerumunan di Petamburan, Menko Polhukam: Ratusan Dokter dan Perawat Wafat Karena Pandemi

  • Whatsapp
IMG 20201116 WA0027
Menko Polhukam tengah melakukan konferensi pers. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan, bahwa pemerintah pusat sangat menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan pada pelaksanaan pesta pernikahan putri Rizieq Shihab dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Mencermati perkembangan satu pekan terakhir, kata Mahfud, telah terjadi peningkatan kasus Covid-19. Sementara pada saat yang sama, terjadi pula kerumunan massa dalam jumlah besar. Terutama sejak hari Selasa tanggal 10 November hingga tanggal 13 November di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya. 

Bacaan Lainnya

“Pemerintah menyesalkan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan, pada pelaksanaan pesta pernikahan dan peringatan Maulid Nabi Muhammad di Petamburan, Jakarta Pusat,” ujar Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat, Senin (16/11).

Pemerintah, tegas Mahfud, telah memperingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminta penyelenggara agar mematuhi protokol kesehatan.

“Penegakan protokol kesehatan di Ibu Kota, merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Berdasar hirarki kewenangan dan peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

Mahfud mengingatkan, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, dalam 8 bulan terakhir telah mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk mengatasi Covid-19. Yang telah memakan ribuan korban jiwa, ratusan tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat.

“Mereka telah menjadi pahlawan bagi kita dalam upaya memerangi Covid-19. Upaya ini telah menunjukkan hasil positif. Di mana di tengah masyarakat telah tumbuh kesadaran memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. 

Lebih lanjut, mantan Ketua MK itu menuturkan, siapapun saja yang sengaja berkegiatan tanpa mengindahkan protokol kesehatan berpotensi memperparah kondisi.

“Pemerintah akan memberikan sanksi kepada aparat yang tidak mampu bertindak tegas dalam memastikan terlaksananya protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya. (MMF)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait