Menko Polhukam Minta Aparat Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
IMG 20201117 002324
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan, bahwa pemerintah telah mendapatkan keluhan dari berbagai kalangan terkait dengan masih banyaknya kelompok masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan.

“Pemerintah mendengar dan mendapatkan banyak keluhan serta masukan dari berbagai kalangan, seperti para tokoh agama dan tokoh masyarakat, purnawirawan TNI/Polri, dokter,relawan, serta kelompok-kelompok masyarakat sipil yang
bergelut dengan perjuangan kemanusiaan dalam mengatasi covid-19, atas praktik pelanggaran protokol kesehatan termasuk penggunaan dan pengrusakan fasilitas umum,” kata Mahfud MD dalam konferensi persnya di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Bacaan Lainnya

Di dalam keluhan itu, Mahfud menyampaikan bahwa mereka merasa tidak dihargai perjuangannya selama ini terkait dengan upaya keras menanggulangi penyebaran wabah virus COVID-19.

“Mereka mengeluh seakan perjuangan itu dianggap tidak dihargai sama sekali, bahkan mereka mengatakan negara tidak boleh kalah dan tidak boleh melakukan pembiaran terhadap aksi-aksi pelanggar aturan, pembangkangan, premanisme, dan
pemaksaan kehendak, serta tindakan-tindakan lain yang dapat mengoyak persatuan dan kesatuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Atas dasar itu, Mahfud pun memerintahkan kepada seluruh aparat yang berwenang untuk memastikan masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. Jika tidak, maka sebaiknya tidak segan untuk menjatuhkan hukum.

“Oleh karena itu, pemerintah memperingatkan kepada para Kepala Daerah, pejabat publik, aparat dan masyarakat di seluruh Indonesia, bahwa pemerintah akan menindak tegas dan melakukan penegakan hukum bila masih melakukan
pengumpulan massa dalam jumlah besar,” tegasnya.

Dan kepada para tokoh masyarakat dan pemuka agama, Mahfud mengimbau agar mereka bisa memberikan suri tauladan yang baik kepada masyarakat luas, khususnya para jamaahnya.

“Khusus kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat, diharapkan untuk memberikan contoh dan teladan kepada semua warga agar mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait