GMKI Bantah Dukung Kelompok Separatis Papua

  • Whatsapp
IMG 20201204 WA0033
Kongres GMKI ke 37 di Manokwari, Papua Barat.

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) periode 2020-2022 terpilih, Jefri Gultom angkat bicara terkait dengan beredarnya video seruan pembebasan Papua dari Indonesia di tengah-tengah acara Kongres GMKI ke 37.

Ia menegaskan bahwa suara tersebut sama sekali tidak merepresentasikan semangat GMKI sesungguhnya. Karena sampai saat ini, organisasi kepemudaannya itu sangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (GMKI).

Bacaan Lainnya

“GMKI dengan semangat nasionalisme tentu hadir dan terus berusaha mendukung dan memperjuangkan NKRI harga mati mulai dari Sabang sampai Merauke,” kata Jefri dalam video konferensinya di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (5/12/2020).

Ia menyatakan pula bahwa sikap organisasi jelas tidak terpengaruh apapun dengan seruan semacam itu.

“Jadi dalam kongres ini tidak terprovokasi oleh apapun apalagi dalam situasi COVID seperti ini kami terus mendukung dan berjuang bersama elemen masyarakat Papua untuk tetap mendukung cara-cara yang baik, menghadirkan pemerintahan, untuk mendekatkan pemerintah pusat dengan masyarakat di tanah Papua,” jelasnya.

Ia pun semakin menegaskan bahwa GMKI secara kelembagaan dan organisasi tidak akan mendukung gerakan separatis apapun dan dari manapun, termasuk oleh kelompok yang ingin memisahkan Papua dari Indonesia.

“Banyak sekali senior-senior GMKI yang ada di tanah Papua khususnya di Manokwari Papua Barat, yang sama sekali tdk ada niat kita untuk menyebarkan video yang berkaitan dengan mendukung kelompok-kelompok separatis,” tegasnya.

Terakhir, Jefri Gultom menyatakan bahwa GMKI akan terus terlibat di dalam perjuangan bersama rakyat untuk menghadirkan Indonesia yang utuh dan kuat.

“GMKI hadir untuk terus berjuang bersama dengan masyarakat Papua untuk menegakkan NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” tutupnya.

Pos terkait