Kiai As’ad Said Ali Sarankan Pemerintah Pakai Pendekatan Humanisme ke Habib Rizieq

  • Whatsapp
Asad ali
KH As'ad Said Ali. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) KH As’ad Said Ali mengharapkan agar pemerintahan Presiden Joko Widodo dan KH Maruf Amin mengedepankan pendekatan humanis terhadap Habib Rizieq Shihab.

Hal ini disampaikan agar gejolak sosial yang timbul antara kubu Habib Rizieq dengan Pemerintah tidak semakin parah.

Bacaan Lainnya

“Kan yang punya kekuasaan negara, pendekatan humanisme saya katakan. Mau sampai atau tidak sampai itu terserah pemerintah, apakah pendekatannya selalu hukum dan hukum?,” kata kiai As’ad ketika dihubungi Inisiatifnews.com, Senin (7/12/2020).

Baginya, ketika memang harus ada penegakan hukum terhadap pendiri ormas Front Pembela Islam (FPI), maka yang harus diperkut adalah penegakan keadilan, bukan sekedar penerapan hukum semata.

“Hukum itu gini ya, rule of law atau rule by law. Kalau rule by law itu pendekatan sesuatu dengan kekuasaan dan hukum, kalau rule of law itu menegakkan keadilan,” ujarnya.

Nemun demikian, wakil ketua umum PBNU 2010-2015 ini berharap agar polemik antara kubu Habib Rizieq dengan pemerintah tidak semakin diperuncing. Karena baginya, yang paling penting adalah bagaimana menyatukan perspektif yang sama dalam bingkai perdamaian demi tujuan masa depan bangsa dan negara yang lebih baik.

“Kita bergeraknya di ranah hati dan rasa. Kita ini mau bermusuhan terus begini atau menyatu kembali. Tauhid itu kan bersatu atau persatuan,” tandasnya. [RED]

Pos terkait