Pengamat Sarankan Presiden Tunjuk Mensos dari Non Parpol

  • Whatsapp
jerry massie
Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie. [foto : Istimews]

Inisiatifnews.com – Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai bahwa kursi empuk Menteri Sosial seharusnya tidak berasal dari kalangan partai politik.

Menurutnya, pemerintah seharusnya belajar dari pengalaman yang sudah ada di mana beberapa Menteri tersandung kasus tindak pidana korupsi, dan yang terakhir ini adalah Menteri Sosial Juliari Peter Batubara yang notabane adalah politisi PDI Perjuangan.

Bacaan Lainnya

Sehingga ia lebih setuju jika kursi Menteri Sosial setelahnya harus diisi oleh orang-orangan dari kalangan profesional saja.

“Sebetulnya saya lebih setuju Mensos dari kalangan profesional atau akademisi yang tak ada ikatan dengan parpol,” kata Jerry dalam keterangannya yang diterima Inisiatifnews.com, Jumat (11/12/2020).

Jabatan Menteri Sosial memang dianggap Jerry sangat rentan menjadi ladang korupsi. Bahkan tercatat sudah ada 3 orang menteri di pos ini yang melakukan kejahatan luar biasa itu. Antara lain politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bachtiar Chamsyah yang menjabat Mensos era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kemudian, ada juga politisi Partai Golkar yakni Idrus Marham, dan terakhir adalah Juliari Peter Batubara tersandung korupsi dari PDI Perjuangan.

“APBN yang dialokasikan ke kementerian ini cukup besar,” ujarnya.

Oleh karena itu Jerry berharap besar, jika nantinya Presiden Jokowi mencari pengganti Juliari, ia harus merdeka dari kecenderungan partai politik.

Apalagi, penentuan sosok pengganti Juliari ini juga akan menjadi salah satu ajang bagi pemerintahan Jokowi untuk memperbaiki citra di kalangan masyarakat setidaknya di sisa empat tahun masa pemerintahannya di periode kedua.

“Jadi menurut saya Kemensos perlu diisi dari kalangan profesional yang bersih rekam jejaknya bagus tak pernah terlibat masalah hukum,” tuturnya. [NOE]


Pos terkait