Fadli Zon Bilang Mau Jamin Rizieq, Muannas : Belajar Saat Ahmad Dhani Dipenjara

  • Whatsapp
muannas alaidid
Muannas Alaidid.

Inisiatifnews.com – Praktisi hukum, Habib Muannas Alaidid memberikan komentar terkait dengan statemen terbuka petinggi DPP Partai Gerindra, Fadli Zon yang menyatakan siap menjamin penangguhan penahanan terhadap Habib Rizieq Shihab oleh tim penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Ia menyangsikan keseriusan Fadli Zon dalam memberikan jaminan kepada Habib Rizieq kali ini. Betapa tidak, konten yang sama pernah diutarakan anak buah Prabowo Subianto itu ketika Ahmad Dhani Prasetyo dipenjara.

Bacaan Lainnya

“Tanya Ahmad Dani pas ditahan, dulu gimana hasilnya ?,” kata Muannas, Selasa (15/12/2020) dini hari.

Jika memang Fadli Zon serius ingin menjamin penangguhan penahanan Habib Rizieq, Muannas sarankan agar anggota Komisi I DPR RI itu tak hanya mengumbar lisan di media sosial semata, melainkan ditunjukkan saja dengan sikap.

“Kalau memang niatnya bener mau bantu mestinya diam-diam aja, ikhlas bukan kampanye, iklan demi dapilnya,” ujarnya.

Ia juga menyarankan agar kampanye lisan itu tak diutarakan Fadli Zon seperti partai politik lainnya yang saat ini tengah memiliki logo baru itu.

“Kayak partai onoh sekalian pamer logo baru,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa Fadli Zon juga sebelumnya pernah menyampaikan dirinya akan menjamin musisi sekaligus caleg Partai Gerindra, Ahmad Dhani Prasetyo. Jaminan diri itu disampaikan Fadli Zon melalui pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko yang kemudian mendatangi Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta untuk menyerahkan surat permohonan penangguhan penahanan dari politisi Partai Gerindra itu.

Hendarsam Marantoko menyampaikan bahwa Fadli menjaminkan dirinya karena sejumlah alasan. Di antaranya yakni selama mengikuti proses hukum dari sejak penyidikan sampai dibacakannya vonis hakim Ahmad Dhani selalu kooperatif dan taat hukum.

“Ahmad Dhani juga masih memiliki anak yang berusia di bawah lima tahun. Dia kan merupakan kepala keluarga dan sebagai tulang punggung keluarga untuk memberi nafkah,” ucapnya melalui siaran persnya, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, penahanan yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi di tingkat banding itu bersifat subjektif berdasarkan ketentuan Pasal 21 ayat 4 KUHAP, sehingga Fadli Zon bersedia menjaminkan diri untuk penangguhan penahanan terhadap Ahmad Dhani.

“Selain itu, Ahmad Dhani tidak akan menghilangkan barang bukti karena sudah di sita oleh pihak JPU dan tidak akan mengulangi perbuatan Hukum yang sama apabila ditangguhkan penahananya,” ucapnya.

Namun faktanya, Ahmad Dhani tetap menjamai masa tahanannya sampai selesai.

Fadli Zon klaim siap jamin penangguhan penahanan Rizieq Shihab

Perlu diketahui pula, bahwa Fadli Zon menyatakan bahwa dirinya akan menjaminkan diri kepada Kepolisian agar penahanan Habib Rizieq Shihab dapat ditangguhkan.

Rizieq saat ini ditahan setelah menjalani pemeriksaan selama 14 jam di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12) terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

“Oleh karena itu, saya sebagai anggota DPR RI bersedia untuk menjaminkan diri saya untuk penangguhan penahanan terhadap Habib Rizieq Shihab,” kata Fadli lewat sebuah rekaman video yang diunggah di kanal Fadli Zon Official di Youtube, Senin (14/12).

Ia berharap agar dirinya benar-benar bisa dikabulkan sebagai penjamin imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu.

“Mudah-mudahan penjaminan diri ini bisa menangguhkan penahanan terhadap Habib Rizieq Shihab,” imbuhnya. []

Pos terkait