KABUK Minta Habib Rizieq Dibebaskan

  • Whatsapp
Rizieq Ditahan
Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Sejumlah aktivis dan tokoh nasional yang tergabung di dalam Koalisi Anak Bangsa Untuk Keadilan (KABUK) menggelar konferensi pers.

Dalam acara tersebut, mereka mendesak kepada Kepolisian untuk membebaskan Habib Rizieq Shihab (HRS). Bahkan nereka menyatakan siap untuk menjadi jaminan pembebasan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kepolisian segera melepaskan HRS dari tahanan, dan sebagai gantinya kami yang tercantum di bawah ini siap menjadi penjamin,” tulis press release yang diterima Inisiatifnews.com, Kamis (17/12/2020).

Perlu diketahui, bahwa para tokoh nasional yang terlibat di dalam koalisi tersebut, antara lain ; Amien Rais, Ansufri Idrus Sambo, Muhyiddin Junaidi, Bukhori Muslim, Neno Warisman, Tengku Zulkarnain, Tony Rosyid, Abdullah Hehamahua, Syamsul Balda, Nurdiati Akma, Marwan Batubara dan Abdul Choir Ramadhan.

Masih di dalam rilis mereka, KABUK berharap agar pemerintah Indonesia bersedia merangkul Habib Rizieq untuk bisa bekerjasama membangun Indonesia ke depan yang lebih baik.

“HRS semestinya dilibatkan pemerintah membangun stabilitas nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa dan negara,” tambahnya.

Di sisi lain, mereka juga mendesak agar ada pihak independen yang membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terkait dengan meninggalnya 6 orang laskar FPI di KM 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pekan lalu.

“Segera dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang independen, bebas dari pengaruh dan tekanan pihak mana pun guna mengusut tuntas kejahatan HAM berat dan tindak pidana terorisme atas terbunuhnya enam orang laskar FPI,” tuntutnya.

Terakhir, mereka juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengawal penuntasan kasus-kasus yang tengah mereka advokasi itu.

“Mengajak seluruh anak bangsa untuk terus mengawasi, mengawal dan ikut mengadvokasi secara intens seluruh proses penuntasan tragedi kemanusiaan tersebut,” tuntasnya. []

Pos terkait