Karyono Wibowo Sebut Serangan Ridwan Kamil ke Mahfud MD Terstruktur

  • Whatsapp
karyono IPI
Karyono Wibowo.

Inisiatifnews.com – Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai bahwa ada unsur kesengajaan yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melontarkan serangan verbalnya kepada Menko Polhukam Mahfud MD, terkait dengan kerumunan Rizieq.

“Pernyataan tersebut bukan pernyataan spontanitas. Boleh jadi sudah disiapkan sebelum menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Polda Jabar,” kata Karyono Wibowo, Minggu (20/12/2020).

Bacaan Lainnya

Jika dugaan itu benar, Karyono menilai kuat bahwa ada udang di balik batu dari sikap Ridwan Kamil (RK) memainkan isu semacam itu.

“Jika demikian, maka pernyataan RK tidak steril dari motif lain. Apalagi, publik mengetahui RK ada hasrat untuk maju dalam kontestasi pilpres 2024,” ujarnya.

Dalam konteks ini, ia mengatakan bahwa dapat dibaca jika RK sedang berselancar dalam panggung politik nasional.

Perlu diketahui bahwa usai diperiksa di Mapolda Jawa Barat beberapa waktu yang lalu, Ridwan Kamil melontarkan kepada publik bahwa dirinya ingin sekali Mahfud MD diperiksa juga oleh Kepolisian karena mengizinkan penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng pada tanggal 10 November 2020.

Dari ijin yang diutarakan Mahfud MD melalui video yang dirilis tanggal 9 November 2020 itulah, menurut Ridwan Kamil menjadi tafsir berbeda dari para pecinta Rizieq untuk berbondong-bondong melalukan aksi penjemputan imam besar mereka dari Arab Saudi. Sehingga situasi itu pada akhirnya menimbulkan kerumunan di tengah situasi pandemi COVID-19.

Namun, pernyataan Ridwan Kamil ini pun direspon secara langsung oleh Mahfud MD. Karena statemen Ridwan Kamil itu diutarakan di media sehingga menjadi konsumsi publik, Mahfud pun merespon pemberitaan Ridwan Kamil itu melalui akun twitter pribadinya.

Di sana, Mahfud MD menjelaskan bahwa Rizieq Shihab adalah warga negara yang harus dilindungi hak-haknya sebagai warga negara, termasuk ketika ia ingin pulang ke Indonesia. Dan ia pun sampai memerintahkan agar aparat keamanan baik dari unsur TNI maupun Polri untuk membantu melakukan pengamanan kepada pendiri FPI tersebut. Mahfud ingin memastikan bahwa kepulangan Rizieq ke Indonesia dari Bandara hingga Petamburan pada tanggal 10 November 2020 tersebut berjalan dengan aman, damai dan tertib.

Mahfud MD mempersilahkan agar jamaah Rizieq Shihab untuk menjemput asal dengan mengedepankan keamanan dan ketertiban, apalagi saat ini situasi massa pandemi COVID-19, sehingga perlu ada diskresi dari pemerintah maupun aparat untuk memastikan euforia kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia tidak menimbulkan disintegrasi.

Apalagi, Mahfud juga menyebut, bahwa pemerintah sangat menggarisbawahi bahwa semangat Rizieq saat itu adalah melalukan revolusi akhlak, sehingga ia menyebut siapapun yang tertib dan menjaga keamanan sepanjang aksi penjemputan maka ia benar pengikut Rizieq, namun jika melakukan kerusakan maka ia pasti bukan pendukung Rizieq.

Pengelompokan ini penting untuk memastikan bagaimana langkah tegas terukur yang akan dilakukan aparat keamanan jika sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan bersama itu.

Berikut adalah video Mahfud MD menyikapi rencana kepulangan Habib Rizieq yang diunggah pada tanggal 4 November 2020, di mana Mahfud MD meminta agar ada penegakan protokol kesehatan ketika ada aksi penjemputan.

[NOE]

Pos terkait