Ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru, Ketum PBNU Ajak Muhasabah, Muatabah dan Muroqobah

  • Whatsapp
20201225 060542
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siraj.

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengucapkan selamat tahun baru Masehi 2021 kepada seluruh bangsa Indonesia.

“Saya ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan kepada seluruh bangsa Indonesia, selamat tahun baru masehi 2021,” ucap kiai Said Aqil dalam videonya yang dikutip Inisiatifnews.com, Jumat (25/12/2020).

Bacaan Lainnya

Kemudian, ia juga menyampaikan selamat natal kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia.

“Dan khususnya saudara-saudara yang beragama Kristen, selamat natal,” imbuhnya.

Kiai Said Aqil pun berdoa agar di tahun Masehi yang baru ini, Tuhan memberikan berkah yang berlimpah kepada umat manusia khususnya bangsa Indonesia untuk menjadikan bangsa dan negaranya semakin bermartabat di mata bangsa-bangsa negara lain.

“Semoga tahun baru ini kita semua mendapatkan kekuatan lahir batin dari Tuhan Yang Maha Kuasa menjadi bangsa yang bermartabat, berbudaya dan dihormati oleh seluruh bangsa-bangsa lain,” harapnya.

Tak lupa, ia juga mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia untuk melakukan refleksi bersama dan melalukan evaluasi secara menyeluruh terhadap apa yang sudah terjadi sepanjang tahun sebelumnya. Hal ini dalam rangka untuk berupaya memperbaiki diri ke depannya secara individual maupun kolektif.

“Mari kita bermuhasabah, evaluasi diri, mana kekurangan-kekurangan kita, kekhilafan kesalahan di masa lalu, mari kita perbaiki, dan muatabah, blaming serve, bahwa segala kegagalan apapun yang terjadi menimpa diri kita adalah akibat ulah kita sendiri,” tuturnya.

Terakhir, kiai Said Aqil juga mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali untuk saling bahu membahu memperbaiki kondisi bangsa dan negara yang sempat terguncang akibat wabah dan pandemi virus Covid-19. Apalagi sektor perekonomian rakyat menjadi yang paling terpengaruh dalam situasi bencana non-alam ini.

“Mari kita muroqobah, membangun sikap optimis dengan penuh harap setelah pandemi Covid-19 mari kita bangkit bangkit bangsa dan negeri kita, ekonomi budaya, kemajuan-kemajuan yang lain dan Insya Allah Indonesia akan jadi negara yang maju dan dihormati bangsa-bangsa lain,” tutupnya. [NOE]

Pos terkait