Siap Benahi Pariwisata Nasional, Menteri Sandiaga Uno Serap Banyak Masukan

IMG 20201228 235646
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Bali I Wayan Koster.

Inisiatifnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno tengah berada di pulau Dewata, Bali.

Dalam kunjungan tugasnya sebagai salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju jilid II tersebut, Sandiaga memiliki target pencapaian untuk menggenjot kembali geliat pariwisata di Indonesia dan memulihkan industri kreatif masyarakat, khususnya karena dampak dari pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Salah satu langkah yang diambil pertama oleh Sandi adalah menggali dan menangkap berbagai masukan dari masyarakat dan pelaku usaha di Bali.

“Mengajak para pelaku usaha pariwisata di Bali untuk berdiskusi bersama. Dalam kesempatan ini saya mendengar langsung harapan dan masukan dari para pelaku usaha pariwisata di Bali dan juga para pemangku kepentingan terkait solusi yang bisa diambil di situasi yang penuh tantangan ini,” kata Sandiaga Uno, Senin (28/12/2020).

Ia melihat bahwa memang pandemi Covid-19 sangat keras dampaknya kepada sektor pariwisata dan industri kreatif di dalam negeri. Tak ayal pula bahwa situasi ini juga berdampak pada munculnya pemutusan hubungan kerja (PHK) di mana-mana.

“Selama masa pandemi ini, banyak pelaku usaha yang kehilangan usahanya, harus mem-PHK karyawannya, kehilangan penghasilannya, bahkan harus makan dari tabungan dan makan dari jual hasil aset,” ujarnya.

Demi segera mengentaskan masalah tersebut, salah satu petinggi Partai Gerindra ini pun menyatakan akan segera melakukan gerakan dan manuver besar.

“Oleh karena itu, kita pastikan untuk gerak cepat, agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali ini bisa bertahan dengan kebijakan-kebijakan yang penuh dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi,” tandasnya.

Masih di dalam agenda kunjungan kerja di pulau Bali, Sandiaga Uno juga membagikan kegiatannya usai berdialog langsung dengan Gubernur Bali.

“Berdiskusi dengan Gubernur Bali, Bapak I Wayan Koster. Membahas mengenai langkah strategis dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi tersebut,” kata Sandiaga.

Dalam dialog tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa kolaborasi aktif antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah akan segera terealisasikan, khususnya dalam upaya penyelamatan sektor pariwisata dan industri kreatif semakin terpuruk.

“Kami sepakat untuk sama-sama bergerak cepat demi mengaksekerasi pemulihan pariwisata di Bali agar lapangan kerja untuk masyarakat Bali dapat terselamatkan,” papar Sandi.

“Selain itu, kami akan untuk terus mendorong berbagai kebijakan demi mengembalikan kepercayaan wisatawan agar dapat berkunjung ke Bali sehingga sektor pariwisata dapat bangkit dan membuka banyak peluang usaha,” tutupnya. [NOE]

Pos terkait