Basarnas Perluas Area Operasi Pencarian Sriwijaya SJ 182

  • Whatsapp
SJ182 lost
Flight Record dari flightradar24.com.

Inisiatifnews.com – Badan SAR and Rescue (Basarnas) terus memperluas operasi pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di hari ketiga pasca pesawat tersbeut hilang kontak.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman mengatakan, pencarian diperluas hingga enam sektor.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya, pada hari pertama dan kedua kemarin dibagi dalam empat sektor. Sekarang hari ketiga, jadi enam sektor,” kata Rasman saat konferensi pers di Posko SAR Gabungan Pelabuhan JICT II, Tanjung Priuk, Jakarta, Senin (11/1).

Diterangkannya, pencarian di hari ketiga dikonsentrasikan di dasar lalut. Namun, timnya tetap mencari di permukaan air hingga menyisir ke pantai. “Pencarian di bawah air menggunakan Remotely Operated Underwater Vehicle (ROV),” ujarnya.

Karenanya, Basarnas menambah personel untuk mengoptimalkan pencarian. Kini, ada sekitar 2600 personil yang terlibat langsung. Sementara untuk alutsista SAR laut yang digunakan, di antaranya 53 kapal yang memiliki spesifikasi untuk pencarian dan pertolongan. Seperti sea rider, jetski, RIB berjumlah sekitar 20 unit. Sedangkan alutsista SAR udara yang standby sebanyak 13 unit.

“Ini siap digunakan kapanpun untuk membantu pelaksanaan operasi. Sedangkan ambulance yang standby ada 12 unit. Ini sangat efektif pengerahannya, sesuai keperluan misi SAR di area pencarian,” terangnya. (INI)


Pos terkait