Menkes: 15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba Besok

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia.

Inisiatifnews.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (BGS) menyebut, 15 juta bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac Biotech Ltd tiba Selasa (12/1).

Bahan baku vaksin ini akan diproduksi oleh PT Bio Farma Persero menjadi vaksin berbentuk jadi. “Ada 15 juta bahan baku vaksin datang besok Selasa dari Sinovac,” kata Menkes saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/1).

Bacaan Lainnya

Butuh waktu satu bulan untuk membuat bahan baku menjadi vaksin siap suntik. Artinya, awal Februari, 12 juta dosis vaksin siap tersedia.

“Ini akan bisa diproses oleh Bio Farma dalam jangka waktu satu bulan. Nanti di awal Februari, kita sudah punya 12 juta vaksin bentuk jadi dari 15 juta bahan baku ini,” tambahnya.

Menhub menambahkan, kerja sama multilateral dengan Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI) juga telah menghasilkan kesepakatan yang baik. Indonesia mengharapkan dapat memperoleh minimal 54 juta dosis hingga 108 juta dosis vaksin gratis dari GAVI.

“Mungkin bisa datang lebih cepat, di akhir Februari atau awal Maret. Vaksin yang datang dari GAVi itu pilihannya Pfizer, Astrazeneca, Moderna, dan Novavax, yang sudah dapat izin persetujuan negara asal,” terang BGS.

Saat ini, pihaknya masih berdiskusi dengan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto untuk memutuskan jenis vaksin dari GAVI yang akan digunakan. Ini karena vaksin tersebut akan diberikan kepada masyarakat di atas usia 60 tahun. (INI)

Pos terkait