Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri, PBNU Ajak Umat Hormati Pilihan Presiden

Ketua PBNU, KH Robikin Emhas.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan, Robikin Emhas mengajak kepada masyarakat luas khususnya warga Nahdliyyin agar menghormati calon Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo.

“Siapapun calon Kapolri pilihan presiden harus dihormati. Bagaimanapun, presiden memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada akhir Januari,” kata Robikin dalam keterangan persnya yang diterima Inisiatifnews.com, Rabu (13/1/2021).

Bacaan Lainnya

Bagi Robikin, siapapun orang yang dipilih Presiden untuk memimpin korps Bhayangkara, ada orang yang terpilih dan memiliki kualitas dan kapabilitas.

“Saya yakin siapaun nama yang disodorkan presiden ke DPR adalah putra terbaik Bhayangkara,” ujarnya.

Pesan untuk Kapolri baru

Pun demikian, Robikin juga tetap mewanti-wanti siapapun Kapolri yang baru nanti, harus benar-benar bisa mengabdikan diri untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Yakni memberikan rasa adil, kenyamanan bagi masyarakat dan melayani dengan rakyat dengan baik tanpa memandang latar belakang suku, ras, agama dan antar golongan, serta kepentingan tertentu.

“Kepada Kapolri baru yang akan segera disahkan DPR nanti, kami hanya mengingatkan bahwa tugas dan fungsi Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, tanpa pandang bulu,” tuturnya.

Dalam penegakan hukum misalnya, Robikin menegaskan bahwa hukum tidak boleh tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Atau terjadi semacam politik belah bambu, satu dipijak dan yang lain dijunjung. Karena kapasitas, profesionalitas, dan integritas Polri adalah parameter kunci kepemimpinan Polri. Hal seperti itu juga sesuai ajaran agama.

“Oleh karena itu, kapasitas, profesionalitas dan integritas sangat dibutuhkan untuk mengemban tugas mulia ini,” jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Hal ini diketahui dengan telah disampaikannya Surat Presiden (Surpres) penunjukan calon Kapolri untuk diuji di DPR RI.

Bagi Robokin, penunjukan Listyo oleh Presiden perlu disambut baik dan didukung oleh semua pihak.

“Penunjukan nama Komjen Sigit Listyo Prabowo yang yang secara resmi telah diajukan presiden ke DPR patut didukung dan disambut baik,” tutupnya. [NOE/MMI]


Pos terkait