Listyo Sigit Terpilih Jadi Calon Kapolri, Habib Husin : Karena Dekat Ulama

Ketua Cyber Indonesia, Husein Shihab. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Habib Husin Alwi Shihab merespon positif pilihan Presiden Joko Widodo yang mempercayakan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri tunggal.

“Kalau Jokowi menunjuk Jendral Listyo Sigit, bagus dong, memang sudah kapasitasnya beliau menjadi Kapolri yang akan bikin negeri ini adem,” kata Husin kepada Inisiatifnews.com, Rabu (13/1/2021).

Bacaan Lainnya

Ketua lembaga hukum Cyber Indonesia itu percaya bahwa pilihan Presiden Jokowi untuk mengajukan Komjen Pol Listyo sudah sangat tepat.

Apalagi dewasa ini, kiprah Listyo dalam memimpin Bareskrim Mabes Polri sangat menonjol, khususnya di dalam menjaga situasi nasional tetap kondusif.

“Saya yakin pertimbangan Jokowi menunjuk calon tunggal itu karena memang satu-satunya calon yang menonjol kinerjanya selama ini untuk mengamankan negara,” ujarnya.

“Dan yang paling penting adalah membuat nyaman warganya dari gangguan kaum intoleran dan radikalisme,” imbuh Habib Husin.

Agama Listyo Tak Jadi Soal

Ia meyakini, bahwa persoalan latar belakang keagamaan Komjen Pol Listyo tidak menjadi persoalan. Karena menurutnya, Polri bukan lembaga keagamaan yang mengatur batas khusus keagamaan pimpinannya.

“Kita sebagai umat Islam yang toleran tidak melihat beliau sebelah mata karena non muslim, tapi menilai dari perjuangannya menjaga NKRI dari kaum intoleran dan radikalisme,” tuturnya.

Ia yakin, para tokoh umat Islam pun mendukung saja ketika Komjen Pol Listyo memimpin korps Bhayangkara. Karena konsentrasi jenderal polisi bintang tiga itu salah satunya adalah menjaga Indonesia dari ancaman kelompok intoleran dan radikal.

“Dengan kinerja yang demikian pasti Ulama dan para Habaib merestui kalau beliau jadi Kapolrinya,” tambah Habib Husin.

Di sisi lain, banyak tokoh agama di Indonesia yang memiliki kedekatan tersendiri dengan Komjen Pol Listyo. Ia menyebut salah satunya adalah tokoh Nahdlatul Ulama yakni Habib Luthfi bin Yahya.

“Buktinya sepengetahuan saya, Habib Luthfi bin Yahya itu sangat dekat sekali dengan Jendral Listyo Sigit. Mulai pak Jendral jadi Kapolres Pati, Solo, dan bertugas di sekitar Jawa Tengah sudah punya hubungan baik dengan para Alim Ulama dan para Habaib bersama Habib Luthfi,” tandasnya.

Walaupun memeluk agama Katolik, sepak terjang dan capaian prestasi Komjen Pol Listyo juga tak lepas dari dukungan para pemuka agama, termasuk di antaranya adalah tokoh Islam.

“Jadi mulai dari dulu beliau ini setiap melangkah selalu mendapatkan restu terlebih dahulu dari para Kyai, Alim Ulama dan para Habaib,” paparnya.

“Kalau sekarang diangkat oleh Presiden sebagai Kapolri yah itu berkat kedekatan beliau dengan para Kyai, Alim Ulama dan para Habaib itu,” tutupnya.

Perlu diketahui, bahwa Presiden Joko Widodo telah mengirim surat presiden (surpres) ke pimpinan DPR RI tentang nama calon Kapolri yang diajukan.

Dari 5 (lima) orang nama yang direkomendasikan oleh Kompolnas, nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang akhirnya dipilih Presiden Jokowi untuk diajukan ke DPR RI. [NOE]


Pos terkait