Syekh Ali Jaber Wafat, Para Tokoh Berduka

  • Whatsapp
IMG 20210104 235621
Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber.

Inisiatifnews.com – Indonesia baru saja kehilangan sosok pemersatu dan inspiratif, yakni Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber alias Syekh Ali Jaber.

Ulama kelahiran Madinah ini menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada pagi tadi pukul 08.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Banyak kalangan yang berduka atas wafatnya ulama hafidz Alquran itu. Salah satunya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ia menyatakan bahwa Syekh Ali Jaber adalah sosok yang baik dan sangat menginspirasi banyak kalangan.

“Beliau orang baik. Saya bersaksi beliau orang yang sangat baik. Banyak pelajaran dan tauladan dari beliau yang memperkuat kehidupan beragama dan bernegara. Selamat jalan Syekh Ali Jaber. Insyaallah husnul khatimah,” kata Ganjar, Kamis (14/1/2021).

Selain Ganjar, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyampaikan hal senada. Ia merasa bahwa meninggalnya Syekh Ali Jaber membuat banyak orang merasa kehilangan.

“Turut berduka cita yang begitu mendalam atas berpulangnya Guru kita, teladan kita, ulama kita Syekh Ali Jaber,” kata pria yang karib disapa Kang Emil itu.

Orang nomor satu di Jawa Barat tersebut menilai bahwa Syekh Ali Jaber adalah sosok inspiratif bagi banyak kalangan.

“Begitu banyak keteladanan yang almarhum contohkan kepada kita. Almarhum pula lah yang memberi inspirasi bagi kami untuk menghadirkan program 1 Desa 1 Hafidz Quran,” ujarnya.

Kemudian, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Syekh Ali Jaber. Bahkan ungkapan duka itu diutarakan sekaligus mewakili seluruh rakyat Jawa Timur.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Atas nama masyarakat Jawa Timur, juga atas nama keluarga, saya menyampaikan turut berduka cita dan berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Syekh Ali Jaber,” kata Khofifah.

Dan ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk memanjatkan doa terbaik kepada almarhum Syekh Ali Jaber.

“Mari kita semua doakan almarhum, semoga Allah SWT menempatkan di tempat yang mulia dan terbaik di sisi-Nya, mengampuni seluruh khilafnya dan dilapangkan kuburnya. Semoga keluarga juga diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan. Aamiin. Al-Fatihah,” ungkapnya.

Kemudian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga menyampaikan rasa dukanya atas meninggalnya Syekh Ali Jaber.

“Duka mendalam kami atas meninggalnya Bapak Syekh Ali Jaber. Beliau teladan kita dalam menjalani kehidupan yang sementara ini. Semoga Allah SWT menempatkan beliau di surga, dan keluarga beliau selalu dalam kesabaran. Hormat kami untuk keluarga besar Syekh Ali Jaber,” ucap Riza Patria.

Sementara itu, Menko Polhukam Prof Mohammad Mahfud MD juga menyebut bahwa Syekh Ali Jaber adalah sosok yang memiliki peran sangat baik untuk menyatukan umat di Indonesia. Dan meninggalnya Syekh Ali Jaber pun membuat bangsa Indonesia kehilangan sosok yang sangat menyejukkan.

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Kita kehilangan tokoh penyejuk dan pemersatu ummat. Ulama besar Syekh Ali Jaber wafat hari ini. Beliau menjadi penyambung aspirasi antara ummat dan Pemerintah. Beliau adalah sahabat baik saya,” kata Mahfud MD.

Sekitar pukul 14.05 WIB, jenazah Syekh Ali Jaber sudah dibawa oleh pihak keluarga ke kediamannya di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Rencananya, almarhum akan disemayamkan di Darul Quran, Cipondoh, Tangerang.


Pos terkait