Presiden Janji Segera Bangun Kembali Gedung-gedung Pemerintahan

  • Whatsapp
presiden jokowi dan kepala BNPB di Mamuju
Presiden Joko Widodo ditemani Kepala BNPB Doni Monardo menyambangi tenda pengungsian di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo hari ini telah menyambangi beberapa posko pengungsian masyarakat yang menjadi korban bencana alam di Sulawesi Barat.

“Tenda-tenda besar untuk pengungsi telah berdiri berjajar di atas lapangan rumput Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat saat saya datang berkunjung siang ini. Stadion Manakarra untuk sementara dialihfungsikan sebagai tempat pengungsian bagi para warga terdampak bencana gempa,” kata Presiden Joko Widodo, Selasa (19/1/2021).

Bacaan Lainnya

Dari kunjungannya di lokasi pengungsian dan beberapa lokasi kerusakan bangunan di sana, Presiden Jokowi menjanjikan akan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan dan fasilitas publik dalam waktu dekat. Khususnya akses jalan yang membantu mobilitas masyarakat.

“Saya pun sudah menyaksikan sendiri dampak besar gempa berkekuatan magnitudo 6,2 itu. Tadi saya sudah mendatangi beberapa lokasi, termasuk gedung kantor gubernur yang rusak. Pemerintah pusat akan membantu pembangunan kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan,” ujarnya.

Namun demikian, upaya tersebut tidak akan mengabaikan konteks yang jauh lebih penting, yakni bagaimana memastikan para korban selamat dapat ditangani dengan baik.

“Dan yang lebih penting adalah saya ingin memastikan evakuasi dan pertolongan kepada warga terdampak gempa telah berjalan dengan baik,” terangnya.

Terakhir, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan rasa bela sungkawanya atas bencana alam yang melanda bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia itu.

“Dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini. Semoga keluarga-keluarga yang ditinggalkan diberi-Nya keikhlasan dan kesabaran,” tutupnya. []


Pos terkait