Mahfud MD Imbau Masyarakat Tak Hina Orang dengan Gambaran Hewan

  • Whatsapp
IMG 20201120 WA0004
Menko Polhukam Mahfud MD saat launching model kota tanpa pungutan liar (pungli) di wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut), di Sahid Bella Hotel, Ternate, Kamis (19/11).

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) mengingatkan kepada masyarakat luas untuk tidak menghina orang lain apalagi dengan sebutan binatang. Sekalipun, ada sesuatu yang tidak disepakati terhadap sikap orang tersebut.

“Kalau Anda tak suka dengan statement atau tudingan seseorang yang Anda anggap ngaco, tak usahlah menghinanya dengan cacian atau gambar hewan,” tutur Mahfud MD, Minggu (24/1/2021).

Bacaan Lainnya

Jika memang ada yang tidak sependapat dari orang tersebut dan tidak bisa menjaga diri dari menghinanya dengan umpatan binatang, maka sebaiknya diam saja.

“Diamkan saja,” ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa cara merespon pendapat keras orang yang tidak memiliki pemahaman yang baik alias dungu, adalah dengan mendiamkan pendapat tersebut. Ia mengutip sebuah ungkapan arab ;

تَرْكُ الجَوَابِ عَلىَ الجَاهِلِ جَوَابٌ

“Ada ungkapan, “tarkul jawaab alal jaahil jawaabun“, Tidak menjawab statement atau tudingan orang dungu adalah jawaban terhadap orang dungu tersebut,” tandasnya. []


Pos terkait