Ajak Santri Gabung Polri, Azis Syamsuddin Apresiasi Wacana Kapolri Listyo

  • Whatsapp
azis syamsuddin DPR
Azis Syamsuddin.

Inisiatifnews.com – Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin menyambut baik rencana Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengajak santri madrasah dan pesantren bergabung sebagai anggota Kepolisian.

Hal ini seperti apa yang telah disampaikan Listyo saat melakukan silaturrahmi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (28/1) kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurut Azis, wacana Kapolri Listyo tersebut merupakan wujud nyata bahwa Polri tidak melakukan eksklusifitas terhadap agama tertentu saja.

“Ini merupakan salah satu bukti Kapolri tidak berpihak pada salah satu agama dan selalu memperhatikan, menghargai dan menghormati seluruh agama tanpa ada rasa perbedaan,” kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Menurut dia, langkah Kapolri itu merupakan salah satu upaya mewujudkan salah satu janjinya saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR yang menginginkan pendekatan persuasif kepada masyarakat tanpa harus menggunakan senjata.

Politisi Partai Golkar itu menilai, jika anggota Polri seorang santri dan menguasai ilmu agama, maka diharapkan dapat melakukan tindakan persuasif baik dengan cara memberikan arahan maupun komunikasi dengan penyuluhan di tengah masyarakat.

“Langkah itu demi terciptanya keamanan dan ketertiban serta menangkal paham radikalisme,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja pertama ke Kantor PBNU, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (28/1). Kunjungan Kapolri tersebut dalam rangka silaturahmi untuk menjaga sinergitas dan soliditas yang selama ini sudah terjalin antara Polri dan Nahdlatul Ulama.

“Di dalamnya kami memiliki program bagaimana melaksanakan kerja sama dengan kelembagaan dan ormas yang ada,” ujar Listyo.


Pos terkait