Lihat Penampilan Baru Masjid Istiqlal, Mahfud MD Bangga

  • Whatsapp
mahfud md di masjid istiqlal jakarta
Menko Polhukam Mahfud MD saat ditemani Imam Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar berswafoto di pelataran Masjid Istiqlal pada hari Jumat 29 Januari 2021.

Inisiatifnews.com – Menko Polhukam, Mahfud MD hari ini usai berkunjung ke Masjid Istiqlal Jakarta. Kehadirannya tersebut sekaligus untuk menjadi khotib di dalam acara shalat Jumat berjamaah.

Sembari itu, Mahfud pun menyempatkan diri menyampaikan rasa kagumnya dengan penampilan baru Masjid Istiqlal yang telah direnovasi oleh pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

“Saya merasa bangga sebagai warga negara. Dimana negara kita memiliki masjid seperti ini, dikelola secara profesional, modern, tetapi tetap kental dengan nilai-nilai islami,” kata Mahfud MD, Jumat (29/1/2021).

Menurut Mahfud, Masjid Istiqlal yang menjadi salah satu ikon religi dari Indonesia itu kini tampak lebih modern. Bahkan kondisi masjid terbesar se Asia Tenggara itu kini memberikan spirit tersendiri bagi peningkatan kerohanian umat Islam khususnya di Indonesia.

“Istiqlal kini beda, kini menjadi modern. Masjid Istiqlal kini menyatukan kebutuhan rohaniah dalam bentuk kegembiraan karena suasana alam, tapi juga kegembiraan hati, karena mendekati Allah,” ujarnya.

Secara pribadi, penampilan baru Masjid Istiqlal ini juga membuatnya sangat takjub. Apalagi diakuinya terakhir mengunjungi masjid tersebut sekitar 1,5 tahun yang lalu.

“Banyak kejutan buat saya, setelah lama tidak bisa ke tempat ini kira-kira 1,5 tahun. Saya merasa surprise karena pembangunan masjid ini sudah begitu jauh dibandingkan dengan yang dulu. Tidak konvensional,” sebutnya.

“Sudah ada ruangan olahraga, taman yang indah, dan macam-macam. Orang di sini bisa sambil beribadah, sambil rekreasi,” tambahnya.

Renovasi Masjid Istiqlal wujud rasa syukur

Perlu diketahui, bahwa renovasi Masjid Istiqlal dilakukan oleh pemerintah pusat di bawah perintah Presiden Joko Widodo. Setidaknya uang APBN sebesar Rp511 miliar telah digelontorkan untuk melakukan peremajaan terhadap masjid yang sudah 45 tahun silam tidak dilakukan renovasi.

“Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi. Renovasi masjid Istiqlal ini merupakan yang pertama sejak 42 tahun yang lalu dan menelan biaya Rp511 miliar dari APBN,” kata Jokowi dalam acara peresmian renovasi masjid Istiqlal yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1).

Walaupun begitu, Presiden Jokowi menegaskan, bahwa renovasi Masjid Istiqlal ini bukan hanya untuk gagah-gagahan semata, melainkan untuk menjadikan Istiqlal sebagai kebanggaan dari umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia.

“Renovasi masjid Istiqlal agar semakin megah bukan ini untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam tapi juga kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita indonesia,” tegasnya.

“Harus diingat masjid ini juga didirikan sebagai ungkapan rasa sykur atas rahmat Allah SWT sehingga Indonesia mendapat kemerdekaan,” tandas Presiden. []


Pos terkait