Kang Zaman Sebut Kader Banser Harus Berakhlak Baik

  • Whatsapp
banser NU di TMP kalibata
Banser NU di TMPS Kalibata.

Inisiatifnews.com – Komandan Densus 99 Asmaul Husna Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Muhammad Nuruzzaman mengingatkan, bahwa menjadi kader Banser tidak hanya sekedar punya seragam saja.

“Menjadi kader atau Anggota Ansor Banser itu bukan hanya seragam dan pakaiannya saja,” kata Kang Zaman dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, ada 3 (tiga) syarat mutlak yang harus dipegang oleh seluruh kader Banser di manapun berada.

“Tapi juga harus memiliki 3 hal yaitu amaliyah atau ritual ibadah, fiqrah atau cara berfikir dan haraqah atau cara bertindak sesuai dengan prinsip dasar,” imbuhnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa pokok dasar 3 hal disebutkannya itu adalah bagaimana menghadirkan sikap moderat dalam berislam.

“Prinsip dasar amaliyah, fiqrah dan haraqah Ansor dan Banser adalah tawasuth atau moderat, tawazun atau seimbang, i’tidal atau adil, dan tasamuh atau toleran,” jelasnya.

Namun yang jauh lebih penting dari itu semua adalah akhlak. Bagi Kang Zaman, kader Banser harus memiliki akhlak yang baik.

“Dan yang utama adalah akhlaqul karimah,” terangnya.

“Jadi apabila ada orang mengaku Ansor atau Banser tapi sikapnya tidak sesuai prinsip tersebut, maka dia hanya Ansor KTP,” tegasnya. [RED]

Pos terkait