Sebelnya Uki Saat Merasa Statemennya Dipelintir Tirto.id

  • Whatsapp
Uki
Dedek Prayudi.

Inisiatifnews.com – Mantan juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek Prayudi alias Uki merasa geram dengan pemberitaan yang dimuat oleh wartawan Tirto.id. Ia merasa bahwa statemennya dipelintir sehingga memberikan dampak negatif terhadap persepsi publik kepadanya, bahkan terhadap partainya itu.

“Penulis berita ini (Harris Prabowo) jahat banget framingnya. Saya memberikan dukungan moral agar Abu Janda kuat menjalani proses hukum, tapi dari judul dan isi dibuat secara explisit (judul) maupun implisit (isi) bahwa saya mendukung Abu Janda tidak diproses hukum,” kata Uki, Selasa (2/2/2021).

Bacaan Lainnya

Disampaikan Uki, bahwa tidak ada konteks dirinya mendukung Permadi Arya dalam persoalan hukumnya, akan tetapi dirinya hanya memberikan dukungan moril terhadap pegiat sosial media itu dalam kapasitasnya sebagai sahabat.

Sementara dalam pemberian dukungan moril yang dilakukannya, bukan atasnama PSI, melainkan atasnama pribadi.

“Dukungan moral agar kuat menjalani proses hukum itu saya lakukan atas kesadaran pribadi. Saya tabayun, saya kasih masukan (dalam hal ini teguran) dan berikan dukungan moral agar kuat menjalani dan itu atas nama pribadi bukan PSI,” terangnya.

Secara khusus, Uki sangat merasa kecewa dan keberatan dengan framing yang dilakukan oleh Tirto.id terhadapnya.

“Cuitan yang saya quote adalah cuitan saya yang dicatut dan dipelintir oleh Tirto,” tandasnya.

Perlu diketahui, bahwa Uki sebelumnya mengunggah foto bersama dengan Permadi Arya. Dalam unggahannya di akun twitter itu, Uki menyebut bahwa dirinya tengah memberikan dukungan moril dan nasehat kepada Permadi Arya dalam kasus yang kini tengah menjerat sahabatnya itu.

“Mungkin buat sebagian orang ini sesuatu yang tidak populer, hari ini saya sengaja bertemu menanyakan kehebohan terkait dirinya, memberikan masukan & dukungan moral kepada @permadiaktivis1 sebagai seorang kawan,” tulis Uki, Sabtu (30/1).

Kicauan Uki tersebut yang akhirnya dikutip oleh wartawan Tirto dan dijadikan bahan berita. Namun pemberitaan yang dibuat, seolah diberikan framing bahwa Uki memberikan dukungan terhadap kasus hukum Permadi. Bahkan ia menyebut framing jahat yang yang dilakukan Tirto termaktub di dalam judul berita, yakni “Saat PSI Mati-matian Dukung Abu Janda Tak Diproses Hukum“.

Berita tersebut ditulis oleh reporter Tirto bernama Haris Prabowo pada tanggal 2 Februari 2021 pukul 14.00 WIB.

“Kemarin, Tirto lagi-lagi membuat framing yang kejam (JUDUL pula), kali ini saya korbannya,” terang Uki, Rabu siang. []


Pos terkait