Stanislaus Riyanta Harap Polri Usut Keterlibatan Munarman di Baiat ISIS

  • Whatsapp
Stanislaus Riyanta
Stanislaus Riyanta

Inisiatifnews.com – Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta memberikan atensi terhadap pengakuan salah satu anggota DPD FPI Makassar atasnama Ahmad Aulia. Di mana dalam video pengakuannya, ada Munarman di dalam acara baiat terhadap ISIS pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi di Makassar.

Menurutnya, pengakuan ini perlu dikembangkan. Setidaknya bisa memanggil Munarman untuk mencari fakta keterlibatan eks Sekjen DPP FPI tersebut.

Bacaan Lainnya

“Yang menarik adalah pengakuan mereka melakukan baiat di hadapan Munarman. Ini perlu diselidiki lebih jauh lagi,” kata Stanislaus kepada Inisiatifnews.com, Kamis (4/2/2021).

Dengan kehadiran Munarman di dalam acara deklarasi 100 orang simpatisan dan laskar FPI Makassar terhadap ISIS tersebut, Stanislaus menilai perlu pendalaman lagi apakah baiat tersebut ada kaitannya langsung dengan gerakan di dalam FPI saat itu atau tidak.

“Kemungkinan (adanya instruksi DPP FPI) tersebut yang sekarang harusnya sedang diselidiki,” ujarnya.

Kemudian, alumni pasca sarjana Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (UI) itu menyebut bahwa penangkapan terhadap 19 orang anggota FPI Makassar sangat tepat.

“ISIS adalah kelompok teroris transnasional yang sangat meresahkan dunia termasuk di Indonesia. Siapapun juga yang melakukan baiat terhadap ISIS termasuk 19 anggota FPI tersebut wajib diwaspadai,” terangnya.

Ia pun memandang bahwa penangkapan terhadap para jaringan ISIS dari ormas yang pernah dibentuk oleh Habib Rizieq Shihab adalah upaya aparat keamanan dan penegakan hukum mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

“Penangkapan adalah upaya untuk menghindari terjadinya hal yang lebih berbahaya dari kelompok tersebut,” tandasnya.

Perlu diketahui, bahwa Polda Sulawesi Selatan telah mengamankan 19 orang jaringan ISIS. Kemudian, mereka yang diketahui juga sebagai anggota DPD FPI Makassar itu pun sudah dibawa ke Jakarta untuk diproses lebih lanjut. []

Pos terkait