Presiden Terima Kunjungan Perdana Menteri Malaysia dan Jumatan Barsama

  • Whatsapp
muhyiddin yassin dan joko widodo
Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin bersama Presiden Joko Widodo. [foto : twitter/jokowi]

Inisiatifnews.com – Hari ini Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri Malaysia ke 8, Tan Sri Muhyiddin Yassin di Istana Kepresidenan Jakarta.

“Selamat datang Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin,” kata Presiden Jokowi, Jumat (5/2/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan kenegaraan itu, Presiden Joko Widodo juga mengajak orang nomor satu di negeri Jiran itu untuk sholat jumat berjamaah di masjid komplek Istana.

“Ibadah salat Jumat hari ini di Masjid Baiturrahim, kompleks istana, dihadiri Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin. Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, selaku khatib membawakan khotbah tentang Urgensi Vaksinasi dalam Pandangan Islam,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa kunjungan ke Indonesia kali merupakan kunjungan luar negeri pertama Perdanam Menteri Muhyiddin Yassin setelah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak Maret 2020 silam, menggantikan Mahathir Mohamad.

Mengawali rangkaian penyambutan tampak kendaraan yang membawa PM Malaysia bergerak dari arah Monumen Nasional menuju kompleks Istana Kepresidenan dengan disambut pasukan berkuda dan arak-arakan drum band pasukan Paspampres.

Setibanya di Istana Merdeka, PM Muhyiddin disambut dengan tari-tarian diiringi musik gamelan. Presiden Jokowi tampak telah bersiap menyambut PM Malaysia tersebut.

Selanjutnya, PM Muhyiddin dan Presiden Jokowi menuju ke halaman tengah Istana Merdeka untuk mengikuti upacara kenegaraan. Dalam upacara tersebut, dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara.

Setelah itu, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi masing-masing. Tampak hadir delegasi dari Indonesia Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Kemudian, PM Malaysia bersama Presiden RI memasuki Ruang Kredensial untuk melakukan foto bersama serta penandatanganan buku tamu oleh PM Malaysia.

Kedua pemimpin kemudian menuju teras belakang Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan bilateral. Di sana, tampak Presiden RI berbincang bersama PM Malaysia dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pertemuan bilateral ini, pemimpin kedua negara diagendakan membahas sejumlah hal mulai dari kerja sama bilateral hingga isu regional maupun global.

Usai pertemuan Presiden RI dan Presiden Malaysia akan memberikan pernyataan pers bersama. Kedua pemimpin juga diagendakan untuk melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Baiturrahim. [RED/KAB]


Pos terkait