Innalillahi, Prof Firmanzah Wafat

  • Whatsapp
Firmanzah
Pakar Ekonomi dari Universitas Indonesia, Firmanzah. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Kabar duka menyelimuti dunia pendidikan di Indonesia. Pasalnya, Prof Firmanzah yang merupakan rektor Universitas Paramadina Jakarta meninggal dunia.

“Telah meninggal dunia Bapak Prof. Firmanzah, Ph.D. (Dosen PPIM – Guru Besar FEB UI) pada hari Sabtu, tgl 6 Februari 2021,” demikian pesan singkat yang diterima Inisiatifnews.com, Sabtu (6/2/2021).

Bacaan Lainnya

Prof Firmanzah wafat pada usia 44 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Jakarta karena penyakit vertigo.

Prof Fiz lahir di Surabaya pada tanggal 7 Juli 1976. Ia mulai dikenal publik saat adanya pemilihan dekan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2008 menggantikan Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Ia menggungguli beberapa seniornya, seperti Prof. Sidarta Utama dan Arindra A. Zainal Ph. D. Dan ia pun dikenal sebagai dekan termuda saat itu di usianya yang ke 32 tahun.

Selain beraktivitas menjadi dekan, Fiz juga aktif dalam seminar-seminar baik dalam negeri maupun luar negeri. Ia juga aktif menulis baik buku maupun jurnal, setidaknya lebih dari 20 jurnal telah ia terbitkan dan beberapa buku juga telah ia tulis dan terbit.

Kemudian, prestasinya di dunia pendidikan meningkat ketika pada tanggal 15 Januari 2015, ia terpilih sebagai Rektor Universitas Paramadina untuk periode 2014-2018, menggantikan Anies Rasyid Baswedan yang terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Indonesia Kerja jilid pertama. Sebelumnya ia juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Riwayat pendidikan

Prof Fiz merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1998. Kemudian ia melanjutkan studinya di Universitas Lille Prancis mengambil jurusan strategi organisasi dan manajemen. Dan ia juga pernah mengenyam pendidikan di Universitas Pau and Pays De l’Adour Prancis mengambil doktoral dalam bidang manajemen internasional dan strategis. Friz pun berhasil menyelesaikan studinya itu pada tahun 2005.

Rencananya, almarhum akan dimakamkan usai sholat Dzuhur. Untuk sementara waktu, jenazah akan disemayamkan di rumah duka, di Taman Parahyangan Golf, Jl. Situ Indah Golf No. 12, Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat. []


Pos terkait