Prof Firmanzah Wafat, SBY Berduka

  • Whatsapp
sby
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Inisiatifnews.com – Presiden Republik Indonesia ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berduka atas wafatnya Prof Firmanzah.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Kita kehilangan salah satu tokoh muda sekaligus Rektor Universitas Paramadina Prof. Firmanzah, Ph.D,” tulis SBY, Sabtu (6/2/2021).

Bacaan Lainnya

Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu mengatakan, bahwa ia memiliki kedekatan tersendiri dengan sosok Firmanzah. Apalagi, di era kepemimpinannya kala itu, Firmanzah pernah mendampinginya sebagai staf khusus Presiden bidang ekonomi.

“Saya mengenal kepribadian dan pemikiran almarhum ketika bertugas di lembaga kepresidenan sebagai Staf Khusus Presiden bidang ekonomi,” ujarnya.

Menurut testimoninya, Prof Fiz (panggilan akrab Firmanzah) adalah sosok yang memiliki idealisme yang sangat tinggi. Apalagi, kepribadiannya yang selalu berfikir positif serta memiliki kepiawaian dalam persoalan ekonomi menjadi nilai tinggi tersendiri di mata SBY.

“Prof. Firmanzah adalah sosok muda yang punya idealisme tinggi, positive thinking, berpaham ekonomi yang berkeadilan dan politik yang berkeadaban. Saya tahu passion-nya pada bidang political economy dan pendidikan,” terangnya.

“Berpikirnya clear, bicaranya runtut dan kuat dalam substansi,” imbuh SBY.

Secara pribadi pula, ia mengaku sering sekali melakukan diskusi dengan almarhum semasa masih hidup. Dan dalam sesi literasi itu, ia juga mengaku sering mendapatkan value dan input yang baik dari sosok mantan dekan UI termuda itu.

“Saya kerap berdiskusi dengan Prof. Firmanzah dan para staf khusus presiden. Dalam forum itu saya dapatkan banyak hal, termasuk isu dan berita yang tidak menyenangkan untuk didengar,” jelasnya.

Dan dengan value serta input yang diterima dari Prof Fiz dan para staf khusus lainnya, SBY sering menjadikannya bahan acuan untuk menentukan kebijakan di masa kepemimpinannya saat itu.

“Justru pandangan dan saran itu sangat berguna dalam pengambilan keputusan dan kebijakan saya,” sambung SBY.

Terakhir, ia pun menyampaikan rasa duka dan penghormatan kepada Prof Fiz atas wafatnya pada hari ini.

“Selamat jalan Fiz,” tutup SBY.

Perlu diketahui, bahwa Prof Fiz meninggal dunia pada hari Sabtu 6 Februari 2021 pagi tadi. Ia mengidap penyakit vertigo yang membuatnya harus menghembuskan nafas terakhir. []

Pos terkait