Kicauan soal Meninggalnya Ustadz Maaher, Novel Diduga Sengaja Main Framing

  • Whatsapp
Karyono Wibowo
Direktur eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Direktur eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai, bahwa ada dua sudut pandang yang bisa ditelaah dari kicauan Novel Baswedan tentang meninggalnya Soni Eranata alias Ustadz Maaher At-Thuwailibi di Rutan Bareskrim Polri.

Analisa pertama, Novel bisa jadi tidak menyerap informasi yang utuh dari peristiwa meninggalnya suami Iqlima Ayu Nur Muthmainah itu.

Bacaan Lainnya

Atau kemungkinan kedua, bahwa penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisaris Polisi (purn) Novel Baswedan itu sedang melakukan penggiringan opini untuk menciptakan perspektif negatif publik terhadap institusi Polri.

“Jadi ada dua kemungkinan dalam postingan seperti ini. Pertama, Novel tidak membaca utuh berita. Kedua, ada kemungkinan Novel sengaja melakukan framing untuk membangun sentimen publik,” kata Karyono dalam keterangannya yang diterima Inisiatifnews.com, Kamis (11/2/2021).

Sebagai seorang penyidik senior dan mantan Kasatreskrim Polresta Bengkulu itu tidak mungkin seserampangan itu menelan informasi yang ia terima. Check and recheck diyakini akan dilakukan dengan jam terbang sebagai penyidik dan intelektualitas yang ia miliki.

Jika analisa pertama terbantahkan, maka ada analisa kedua yang menurut Karyono cenderung mendekati keabsahannya.

“Novel mestinya memiliki literasi yang baik, oleh karena itu menurut saya, statement Novel cenderung pada motif kedua, yang tujuannya untuk membangun sentimen publik terhadap institusi Polri,” tandasnya.

Perlu diketahui, bahwa pada hari Selasa 9 Februari 2021 pukul 05.38 WIB mengunggah kicauannya untuk memberikan respon terhadap pemberitaan meninggalnya Ustadz Maaher At-Thuwalibi di Rutan Bareskrim Polri.

Menurut Novel, aparat Kepolisian dinilia keterlaluan karena mengurung seorang tersangka dalam kondisi sedang sakit. Apalagi yang dipenjara itu berlatar profesi sebagai ustadz.

[]

Pos terkait