JK Harap Pemerintah Tuntaskan Covid-19, Baru Bicara Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
pak jk
Mantan Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla.

Inisiatifnews.com – Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memberikan masukan kepada pemerintah Indonesia agar melakukan langkah keras dan fokus pada pemulihan kesehatan akibat wabah COVID-19.

Menurutnya, ini jauh lebih penting ketimbang pemerintah menaruh fokus pada pertumbuhan ekonominya.

Bacaan Lainnya

“Kita selesaikan duluan covid ini dengan mempercepat saja vaksinasi, maka itu akan otomatis menggerakkan ekonomi,” kata Jusuf Kalla, Senin (15/2/2021) malam.

Menurut tokoh nasional yang karib disapa Pak JK itu menilai, ekonomi adalah akibat karena wabah pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia saja. Sehingga ketika sebabnya dituntaskan, maka akibatnya akan menyusul.

“Jadi selesaikan sebabnya maka otomatis akibatnya kena,” jelasnya.

Kemudian, JK pun memberikan contoh ketika pemerintah Indonesia hanya fokus pada pemulihan ekonomi semata, misalnya membuka dan menjalankan sektor industri manufaktur. Progres produksi mungkin saja bisa digenjot, namun ketika persoalan ekonomi masyarakatnya masih semrawut, maka hasil produksi pabrik publik tidak terserap dengan baik di pasaran.

Apalagi krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19 tidak hanya melanda Indonesia, tapi seluruh dunia merasakannya.

“Karena you bisa bikin mobil, bisa bikin sepeda motor, bisa bikin baju, apa saja bisa hari ini, begitu aman lansung kembali start produksi, tapi siapa yang beli?,” tuturnya. []

Pos terkait