AHY Sebut KLB Partai Demokrat di Deli Serdang Ilegal

  • Whatsapp
AHY Demokrat
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Inisiatifnews.com – Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa para hadirin di Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di┬áThe Hill Hotel and Resort adalah ilegal.

“KLB didasari oleh niat yang buruk, juga dilakukan dengan cara-cara yang buruk ada yang mengatakan abal-abalan yang jelas terminologinya ilegal dan inkonstitusional,” kata AHY dalam konferensi persnya di Jakarta Pusat, Jumat (5/3/2021).

Bacaan Lainnya

Ia jelaskan bahwa ada syarat-syarat khusus jika KLB akan dilakukan di internal Partai Demokrat. Salah satunya adalah kegiatan dihadiri dua pertiga dari seluruh pimpinan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

“Harus dihadiri dua pertiga dari jumlah dewan pimpinan daerah atau DPD dan setengah dari jumlah Dewan pimpinan cabang,” ujarnya.

Kemudian, KLB harus persetujuan dari Ketua Majelis Tinggi. “Harus persetujuan dari Ketua Majelis tinggi partai,” jelasnya.

Berdasarkan catatan yang ia miliki, para pimpinan DPD Partai Demokrat di seluruh Indonesia tidak menghadiri acara KLB yang digelar di Deli Serdang hari ini.

“Ketua DPD Partai Demokrat tidak mengikut KLB tersebut, mereka berada di daerah masing-masing, para ketua DPC Partai Demokrat juga tidak ikut dalam KLB, mereka setia pada partai,” paparnya.

Ditegaskan lagi oleh AHY, bahwa seluruh hadirin yang ada di ruangan KLB tersebut tidak merepresentasikan suara
Partai Demokrat.

“Saya katakan bahwa para peserta KLB ilegal di Deli Serdang Sumatera Utara tadi bukanlah pemilik suara yang sah, mereka kebanyakan adalah para mantan kader yang sudah dipecat sudah diberhentikan secara tidak hormat. Saya tidak perlu menjelaskan satu-persatu siapa saja orangnya, yang tentu itu juga menjadi bagian dari kedaulatan pakai kami,” terangnya.

Atas dasar itu, AHY menegaskan tidak akan tinggal diam. Pihaknya akan mengambil jalur hukum untuk menyikapi sikap KLB Partai Demokrat yang dianggapnya dagelan itu. []

Pos terkait