Sambangi Toraja, Presiden Jokowi Resmikan Bandara dan Lihat Vaksinasi

  • Whatsapp
Jokowi
Presiden Joko Widodo keluar dari Pesawat Kepresidenan. [foto : twitter/jokowi]

Inisiatifnews.com – Hari ini, Presiden Joko Widodo kembali melakukan lawatan kenegaraannya di Sulawesi Selatan.

“Selamat pagi, Toraja. Saya bertolak ke Bandara Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan, lalu berganti pesawat menuju Tana Toraja,” kata Presiden Jokowi, Kamis (18/3/2021) pagi.

Bacaan Lainnya

Rencananya, orang nomor satu di Republik Indonesia itu akan meresmikan bandara baru.

“Saya akan mendarat di bandara baru Toraja sekaligus meresmikannya, hari ini,” ujarnya.

Sejenak diketahui, bahwa pembangunan bandara Buntu Kunik di Tana Toraja ini tidak mudah. Pasalnya, berdasarkan keterangan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, setidaknya ada 3 (tiga) bukit yang harus dipangkas agar area bandara bisa difungsikan dengan baik.

Setidaknya, Bandara yang aman diresmikan oleh Presiden Joko Widodo hari ini memiliki panjang landasan hingga 2.000 meter.

Bandara Buntu Kunik ini merupakan bandara pengganti dari Bandara Pongtiku di Rantetayo yang dinilai tidak mungkin dikembangkan lagi.

Dan bandara itu juga memiliki terminal penumpang dengan luas 1.152 m² yang dapat melayani 45.000 penumpang per tahun.

Sebagai informasi tambahan pula, bahwa Bandara Toraja telah beroperasi sejak tanggal 4 September 2020 dan telah melayani secara regular dua maskapai yaitu Wings Air dan Citilink. Kedua maskapai tersebut melayani penerbangan reguler dengan rute Makassar – Toraja dan sebaliknya.

Selain meresmikan infrastruktur fisik demi menunjang perekonomian masyarakat dan peningkatan sektor pariwisata di sana, Presiden juga akan melakukan pemantauan langsung program vaksinasi.

“Saya juga akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Mengkendek,” sambung Presiden. [NOE]

Pos terkait