Pengamat Politik UI, Prof Abi Sanit Meninggal Dunia di RSCM

  • Whatsapp
arbi sanit
Prof Arbi Sanit. [foto : dokumen Lembaga Pemilih Indonesia]

Inisiatifnews.com – Kabar duka menyelimuti dunia politik tanah air. Pasalnya, pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Prof Arbi Sanit dikabarkan meninggal dunia, Kamis (25/3) pukul 07.15 WIB.

Ilmuan yang juga dosen ilmu politik di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka itu mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat dalam usia 81 tahun.

Kabar meninggalnya Arbi Sanit datang dari putra semata wayangnya, Feri Sanit.

Innalillahi wainnailaihi rojiun telah meninggal dunia bapak saya ARBI SANIT di RSCM PUKUL 07.15 pagi, mohon dibukakan pintu maaf bila bapak ada salah,” tulis Feri Sanit dalam pesannya, Kamis.

Arbi Sanit didiagnosis gagal jantung akut, ada cairan di paru. Sebelum wafat, Arbi Sanit sempat dibawa ke ICCU RSCM pada Rabu (24/3) dan dipasang ventilator pukul 22.00 WIB.

Arbi Sanit merupakan anak ke lima dari 11 bersaudara, lahir di Painan, Sumatra Barat, 4 Juni 1939.

Sejumlah buku pernah Almarhum tulis, diantaranua buku Sistem Politik Indonesia (1981); Perwakilan Politik di Indonesia (1985); dan Partai, Pemilu, dan Demokrasi (1997) itu adalah salah satu pakar politik Indonesia. Ia pernah menjadi dosen ilmu politik di Universitas Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

Arbi Sanit memperoleh gelar sarjana dari FISIP UI pada 1969 dengan skripsi Partai Komunis Indonesia: Sumber Kekuatan Politik di Pedalaman Jawa Tengah dan Jawa Timur 1952-1965. Kemudian, dia mengambil Program Non-Gelar Sistem Politik Indonesia di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat (1973-1974).