PUSTAKAN Indonesia Ajak Semua Pihak Dukung Vaksinasi COVID-19

  • Whatsapp
Agus Pamudji
Agus Pamudji.

Inisiatifnews.com – Direktur Pusat Kajian dan Analisi Indonesia (PUSTKAN INDONESIA), Agus Pamudji, mengatakan bahwa vaksin yang sudah digunakan oleh Pemerintah untuk menangkal penyebaran Covid-19 sudah teruji secara klinis fase 3. Hal itu bertujuan untuk mencari keamanan dan kehalalan bagi penduduk Indonesia.

Menurutnya, ada 4 produsen vaksin yang tengah menjalin kerja sama aktif dengan Indonesia yakni Sinovac, Sinopharm, CanSino dan AstraZeneca.

Bacaan Lainnya

“Hal tersebut menjadi sebuah komitmen besar Indonesia dalam memastikan keamanan vaksin COVID-19 yang akan dipergunakannya nanti,” kata Agus kepada wartrawan, Rabu (24/3/2021).

Kemudian, Agus menyebut, bahwa kepastian mengenai waktu ketersediaan vaksin COVID-19 dari beberapa kerja sama Indonesia dengan produsen vaksin itu bergantung pada Emergency Use Authorization (EUA) yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) serta rekomendasi kehalalan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag).

“Pemerintah sudah memberikan yang baik untuk masyarakat guna menangkal penyebaran Covid-19 dan kami akan selalu membantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar tidak termakan hoaks,” imbuhnya.

Agus juga menjelaskan bahwa konten yang ia buat agar masyarakat faham dan mengerti tentang pentingnya vaksinasi dalam rangka menangkal penyebaran Covid-19. Disamping itu juga agar masyarakat tau vaksin tersebut terjamin kehalalannya.

“Konten yang kita buat dalam rangka mengedukasi masyarakat agar faham dan tidak termakan berita hoaks yang mendiskritkan bahwa vaksin tidak halal,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama memsukseskan vaksin nasional yang sudah berjalan di tengah-tengah masyarakat.

“Tanpa kerjasama semua pihak dan saling menguatkan, maka program vaksin nasional tidak akan terwujud. Yakinlah, bahwa dengan dukungan semua elemen masyarakat program ini akan berjalan aman dan lancar dan pemerintah juga sudah menjamin ke halalalnya,” pungkasnya. []

Pos terkait