Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Impor Beras Saat Musim Panen Raya

  • Whatsapp
jokowi
Presiden Joko Widodo.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo akhirnya merespon kegelisahan publik tentang wacana pemerintah Indonesia akan mendatangkan 1 juta ton beras putih dari Thailand.

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu menegaskan bahwa pemerintah pusat tidak akan melakukan impor beras di saat musim panen.

Bacaan Lainnya

“Soal beras, tidak akan ada impor komoditas beras hingga Juni nanti. Selama hampir 3 tahun ini Indonesia juga tidak mengimpor beras,” kata Presiden, Jumat (26/3/2021).

Sementara terkait dengan wacana impor tersebut, Presiden Jokowi memberikan penjelasan bahwa nota kesepemahaman yang telah dibuat oleh pemerintah Indonesia dengan pemerintah Thailand memang benar adanya, dan bahkan sudah dibuat antar kedua belah pihak.

Hanya saja, nota kesepemahaman ini bukan proyek yang harus segera dijalankan, melainkan sebagai jaring pengaman saja ketika stok beras Indonesia mengalami defisit.

“Memang, ada nota kesepahaman kita dengan Thailand dan Vietnam, tapi itu baru berupa opsi, berjaga-jaga di tengah situasi pandemi,” ujarnya.

Sementara menyikapi panen raya yang akan segera datang secara serentak di seluruh Indonesia, mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan Walikota Solo itu menyatakan, jika beras-beras hasil produksi para petani akan diserap oleh Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

“Pada panen raya mendatang ini, beras petani akan diserap oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog),” tegasnya.

Bahkan untuk mengakomodir para petani, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar mengalokasikan anggaran negara untuk menyerap beras para petani Indonesia ini.

“Saya telah memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk penyerapan beras dari petani lokal tersebut,” terangnya. [NOE]

Pos terkait