Doakan Awak Nanggala 402, Mahfud MD : Semoga Surga

  • Whatsapp
IMG 20210225 WA0009
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya para kru kapal selam KRI Nanggala 402 yang karam di perairan Bali.

“Selamat jalan, menghadap Al Khaliq, syuhada’ (pejuang-pejuang yang tulus) kusuma bangsa, para awak Nanggala 402,” kata Mahfud MD, Minggu (25/4/2021).

Bacaan Lainnya

Ia berdoa agar ganjaran surga diberikan Tuhan kepada para kru kapal selam dari satuan TNI Angkatan Laut itu.

“Semoga Anda semua mendapat surga-Nya,” ucapnya.

Gugurnya para prajurit TNI AL ini akan menjadi kenangan yang baik bagi para prajurit TNI lainnya, serta bagi sejarah bangsa Indonesia.

“Putera-puteri bangsa yang tinggal akan terus menjaga dan merawat NKRI yamg merdeka atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa. Allahumma ighfir lahum,” pungkasnya.

Perlu diketahui, bahwa berdasarkan hasil dari proses pencarian kapal selam KRI Nanggala 402, ditemukan beberapa bagian dari kapal dan barang milik kru kapal.

Apalagi proses pencarian tersebut belum menemukan hasil pasti setelah waktu yang diprakirakan melebihi batas, yakni 72 jam masa ketersediaan oksigen di dalam tubuh kapal tersebut.

Bahkan di dalam konferensi persnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASA) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan hasil akhir bahwa dipastikan 53 kru kapal selam Nanggala 402 telah gugur.

“Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel onboard KRI Nanggala-402 telah gugur,” katanya sedikit tercekat dalam konferensi pers, hari ini.

Ia menyampaikan, bahwa telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

Ia melanjutkan, berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.

“Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit tentara terbaik Indonesia,” sambungnya. [NOE]

Pos terkait