Tegas ke KKB Bukan Pelanggaran HAM

  • Whatsapp
bamsoet
Bambang Soesatyo.

Inisiatifnews.com – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Bambang Soesatyo menegaskan bahwa penindakan tegas terhadap para kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua bukan bagian dari bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Apalagi kata pria yang karib disapa Bamsoet itu, bahwa para kelompok teroris dan separatis yang ada di Papua tersebut tak akan pernah berpikir tentang HAM saat melakukan pembunuhan terhadap warga sipil dan aparat keamanan Negara.

Bacaan Lainnya

“Ini bukan soal pengabaian HAM. Ini soal keselamatan rakyat. Memangnya para pembunuh rakyat tak berdosa itu peduli HAM?,” tegas Ketua MPR Bambang Soesatyo di Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Penegasan ini menanggapi pernyataan sikap dan pola pikir Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) dalam memandang kekerasan bersenjata yang berkelanjutan di tanah Papua, yang sudah begitu banyak menelan korban jiwa.

“PHBI harusnya juga menghayati dan bersimpati kepada semua pihak yang anggota keluarganya menjadi korban kekerasan bahkan pembunuhan oleh KKB,” kata Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 itu juga menegaskan, untuk keutuhan NKRI dia siap bertanggung jawab.

“Yang penting para pembunuh, anggota gerakan separatis dan teroris yang tidak peduli HAM, itu musnah dan rata dulu. Sehingga rakyat Papua bisa hidup tenang dan damai kembali. Jika ada yang mempersoalkan statemen saya, soal HAM kita bicarakan kemudian, sebagai pimpinan MPR saya siap pasang badan dan bertanggung jawab,” tegasnya.

Jika PBHI mengaku selalu memperjuangkan keadilan, seharusnya juga bersimpati kepada negara dan semua keluarga korban kekerasan dan pembunuhan oleh KKB.

“Bukan hanya bersimpati kepada KKB dan membela HAM mereka,” pungkas Bamsoet. []

Pos terkait