Penyekatan Tol Japek Dimulai, Semua Pemudik Disuruh Putar Balik

  • Whatsapp
Tol ditutup
Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed di ruas Cikunir 1 dan 3 ditutup oleh Polri.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Hari ini, tanggal 6 Mei 2021 menjadi hari pertama pemberlakuan larangan mudik lebaran tahun 2021 oleh pemerintah. Penyekatan pun sudah dimulai oleh Kepolisian Republik Indonesia.

Kepala Bagian Pembinaan Operasional (Kabag Bin Ops) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali menyampaikan bahwa per hari ini penyekatan telah dilakukan di akses tol.

Bacaan Lainnya

“Saya dari pos penyekatan Cikarang Barat KM 31. Hari ini tanggal 6 jam 03.00 WIB, kami terus lakukan penyekatan,” kata AKBP Dermawan, Kamis (6/5/2021)

Ia menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak nekat melakukan mudik selama masa penyekatan diberlakukan, yakni 6-17 Mei 2021.

Dan jika ada yang tetap memaksakan diri melakukan perjalanan mudik, maka Kepolisian akan meminta mereka kembali ke rumah masing-masing dan tidak bisa melanjutkan perjalanan pulang kampungnya.

“Kami imbau kepada warga masyarakat yang tetap melakukan mudik, kami akan lakukan penyekatan dan mengembalikannya ke Jakarta,” tegasnya.

AKBP Dermawan mengharapkan imbauan ini didengar dan dipatuhi dengan baik oleh seluruh masyarakat, kemudian mereka bisa tetap berada di rumah dan bahagia bersama keluarga demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Tetap di rumah, tidak usah mudik dan tetap bahagia,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Inisiatifnews.com, bahwa saat ini Polri tengah melakukan Operasi Ketupat Jaya. Seluruh akses tol yang mengarah keluar Jabodetabek ditutup dan tidak bisa dilintasi oleh kendaraan pemudik.

Seluruh kendaraan yang melintas akan dilakukan pengecekan berkas-berkas perjalanan mereka.

Polri juga telah melakukan penutupan jalur Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed di ruas Cikunir 1 dan 3.

Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat melakukan pemeriksaan berkas kendaraan. [foto : TMC Polda Metro Jaya]

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo telah menyampaikan, bahwa memang per dini hari tadi seluruh akses tol dari Jakarta-Cikampek dan sebaliknya ditutup untuk kendaraan pemudik.

“Mulai pukul 24.00 atau 00.00, nanti malam, Jalan Layang Japek atau Jakarta-Cikampek itu akan kita tutup yang dari arah Jakarta menuju ke Cikampek,” kata Sambodo, Rabu (5/5).

Polisi berpangkat melati tiga itu menyebutkan, bahwa penutupan itu dari tiga arah, yang dari arah Cikunir, kemudian dari arah Tanjung Priok dan dari Tol Kota di KM10.

“Kenapa kita tutup, karena mulai pukul 24.00 WIB kita akan mulai pemeriksaan dan penyekatan terhadap warga masyarakat yang mudik,” terangnya. [NOE]

Pos terkait