Eks Jubir Minta KPK Buka Soal TWK

  • Whatsapp
febri diansyah
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah. [foto : doc KPK]

Inisiatifnews.com – Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mendapati bocoran keanehan materi pertanyaan di dalam Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan untuk menjaring Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan lembaga antirasuah itu.

“Apakah pertanyaan ini pantas dan tepat diajukan kepada Pegawai KPK untuk mengukur wawasan kebangsaan?,” kata Febri, Kamis (6/5/2021).

Bacaan Lainnya

Ada empat soal yang dianggapnya nyeleneh dan selenco. Antara lain ;

1. Kenapa belum menikah?
2. Apakah masih punya hasrat?
3. Bersedia ndak jadi istri kedua?
4. Kalo pacaran ngapain aja?

Untuk membuktikan kebenaran informasi yang ia dapat, Febri pun meminta agar KPK transparan saja dengan materi soal yang diajukan.

“Demi transparansi, soal dan kertas kerja TWK tersebut harusnya dibuka,” ujarnya.

Seandainya soal-soal yang ia anggap aneh itu benar adanya termuat di dalam naskah soal TWK, ia pun mempertanyakan apa maksud dari wawasan kebangsaan yang diharapkan.

“Kalaulah benar pertanyaan itu diajukan pewawancara pada Pegawai KPK saat tes wawasan kebangsaan, sungguh saya kehabisan kata-kata dan bingung apa sebenarnya yang dituju dan apa makna wawasan kebangsaan,” tandasnya.

Ia juga berharap agar konteks ini juga dibuka oleh Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Semoga ada penjelasan yang lengkap dari KPK, BKN atau Kemenpan tentang hal ini,” pungkasnya. []

Pos terkait