Dr Siti Marwiyah, Adik Menko Polhukam Terpilih Jadi Rektor Unitomo

  • Whatsapp
Pilrek Unitomo Surabaya
Meithiana Indrasari Yunus, Bachrul Amiq dan Siti Marwiyah usai Pilrek di Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Jawa Timur pada hari Sabtu 8 Mei 2021.

Inisiatifnews.com – Adik bungsu Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD, yakni Dr Siti Marwiyah dinyatakan menang pada pemilihan Rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya pada hari Sabtu (8/5).

Siti Marwiyah unggul 69,2 persen mengalahkan kandidat lainnya, Meithiana Indrasari Yunus yang hanya memperoleh 30,8 persen.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, Dr Siti Marwiyah bakal memimpin kampus kerakyatan dan kebangsaan Unitomo periode 2021-2025.

Kemudian, di dalam memimpin Unitomo, Siti Marwiyah akan didampingi oleh Wakil Rektor I Amirul Mustofa, Wakil Rektor II Suyanto, Wakil Rektor III Sucipto, dan Wakil Rektor IV Nur Sayidah. 

Ketua Pelaksana Pemilihan Rektor Unitomo, Dr Bachrul Amiq mengatakan, bahwa dengan terpilihnya Siti Marwiyah, Pemilihan Rektor (Pilrek) resmi berakhir. Dan sesuai dengan jadwal yang ada, maka Dr Siti Marwiyah akan dilantik pada 31 Mei 2021 mendatang.

“Pilrek telah berakhir dan Bu Siti memenanginya dengan 69 persen. Maka hampir pasti beliau yang akan dilantik nanti 31 Mei 2021 sebagai pengganti saya,” kata Bachrul dalam keterangannya.

Rektor dua periode ini berharap, dengan berakhirnya perhelatan Pilrek Unitomo, seluruh civitas akademika kembali meneruskan tugas masing-masing melayani kelancaran proses belajar mengajar ribuan mahasiswa yang menggantungkan cita-cita di Unitomo Surabaya tersebut.

“Saya berharap kita semua bisa kembali lagi sebagai keluarga besar Unitomo. Lupakan kompetisi yang sudah terjadi. Semuanya adalah aset SDM unggul Unitomo,” tuturnya.

Kabar kemenangan Siti Marwiyah juga disambut hangat oleh para aktivis mahasiswa. Mereka bersyukur akhirnya Unitomo dipimpin oleh sosok yang tepat.

“Selamat Bu Siti. Semoga dapat memajukan kampus dan semoga kebaikan Pak Amiq bisa diteruskan,” ucap Ahmad Mukti, Ketua UKM Ciphoc Unitomo.

Sementara itu, Siti Marwiyah yang mengusung tagline Unitomo Maju mengungkapkan, pencalonannya bukan semata meraih kekuasaan belaka. Lebih dari itu, Siti berkomitmen mendengar aspirasi seluruh civitas akademika di Unitomo.

“Kepemimpinan kami untuk bersama civitas akademika, bukan kepemimpinan struktural belaka. Tapi bagaimana ke depan kami selalu mendengar civitas akademika. Komitmen kami membangun kebersamaan dengan kepemimpinan transformasional demi terciptanya kampus Universitas Dr Soetomo yang maju dan harmonis,” tandasnya.

Siti Marwiyah adalah alumnus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Siti juga pernah menjabat sebagai wakil rektor I di Unitomo. Perempuan yang lahir di Pamekasan, 28 April 1968 ini juga pernah menjadi staf Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH). (INI)

Pos terkait