Kapitra Sarankan Pegawai KPK yang Tak lolos ASN untuk Mundur Saja

  • Whatsapp
Kapitra Ampera
Tokoh aktivis 212 dan Politisi PDI Perjuangan, Kapitra Ampera. [foto : Istimewa]

Jakarta, Inisiatifnews.com ‐ Praktisi hukum, Kapitra Ampera menilai bahwa alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN) adalah hal yang biasa dan tak perlu menjadi kegaduhan.

“Biasa itu, test wawasan kebangsaan yang dilaksanakan KPK bekerjasama dengan BKN adalah dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 yang mensyaratkan pegawai KPK adalah ASN,” kata Kapitra dalam keterangannya kepada Inisiatifnews.com, Sabtu (8/5/2021).

Bacaan Lainnya

Terkait dengan beberapa pegawai KPK yang tidak lolos tes termasuk di dalamnya adalah kepala satuan tugas (Kasatgas) penyidik senior KPK Novel Baswedan, Kapitra menilai seharusnya mereka tak perlu memantik kegaduhan di muka publik.

Ia meyakini, bahwa tes yang telah dilakukan oleh panitia penyelenggara seleksi pegawai KPK menjadi ASN sudah memenuhi prosedur.

“Test ASN biasa dilakukan secara kuantitatif dan obyekyif, termasuk biasanya menggunakan vendor pihak ketiga,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan bahwa dirinya tidak bisa melakukan pemecatan terhadap para pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sehingga mereka tidak perlu membuat opini liar tentang ketidaklolosan mereka dalam seleksi ASN tersebut.

“Apa lagi saya baca Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan tidak ada pemecatan pegawai di Lembaga Antikorupsi itu, kurang apa lagi,” tandas Kapitra.

Namun jika tetap membuat gaduh di ruang publik, tokoh aktivis 212 tersebut menyarankan agar Novel Baswedan dan beberapa pihak yang tidak lolos seleksi alih status sebagai ASN agar menundurkan diri dari lembaga antirasuah itu.

“Nah, harus bagaimana lagi?. Kalau saya sih lebih baik mengundurkan saja, masa sudah senior tidak lolos tes,” katanya.

Menurut Kapitra, negara tidak boleh kalah oleh kelompok yang melawan pemerintah. Dalam hal ini Pimpinan KPK mengambil sikap tegas menjalankan aturan secara maksimal. []

Pos terkait