Kiai Sanusi Baco Wafat, Mahfud MD Ucapkan Bela Sungkawa

  • Whatsapp
Sanusi Baco
Ketua MUI Makassar, AG KH Sanusi Baco, Lc.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan kabar duka mendalam atas meninggalnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, KH Sanusi Baco.

“Sangat berduka. Hari ini (15/5/21) Anre Gurutta (AG) KH Sanusi Baco, Ketua MUI Sulawesi Selatan wafat di Makassar. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un,” kata Mahfud MD.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan bahwa sosok kiai Sanusi Baco adalah ulama yang memiliki keilmuan tinggi, bahkan sangat berkharismatik.

“Almarhum adalah ulama yang sangat luas ilmunya dan lembut penampilannya. Semoga Allah mengampuni dosanya dan memberikan surga-Nya,” ucapnya.

Pembina MMD Initiative itu mengatakan bahwa dirinya memiliki kedekatan sendiri dengan sosok kiai Sanusi Baco. Bahkan sering kali saat ia bertandang ke Makassar, selalu disempatkan diri bersilaturrahmi dan berdialog dengan almarhum.

“Terkenang, kalau ke Makassar biasanya saya mampir ke kediaman AGH Sanusi dan berdiskusi tentang masalah-masalah keumatan,” ujar Mahfud.

Pembawaannya yang ramah dan santai membuat siapapun yang berdialog dengan kiai Sanusi Baco betah.

“Beliau selalu bersemangat dan banyak humor,” tambahnya.

Terakhir, ia merasa sedih karena tahun ini belum bisa bersilaturrahmi dengan almarhum. Karena situasi pandemi Covid-19 sehingga membatasi silaturrahmi secara langsung dengan ulama Makassar itu.

“Sedih juga, saat kunjungan ke Makassar pertengahan Ramadan kemarin saya tidak mampir ke rumah beliau karena suasana pandemi Covid-19,” pungkasnya.

AG KH Sanusi Baco, Lc meninggal dunia pada pukul 20.00 WITA hari Sabtu 15 Mei 2021 di Rumah Sakit Primaya (Eks RS Awal Bros).

Pos terkait