Mahfud MD : Halal Bihalal Tradisi Islam Indonesia untuk Semua Manusia

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan bahwa Indonesia memiliki budaya yang sangat baik yang terkenal dengan istilah Halal Bihalal.

Menurutnya, halal bihalal ini merupakan budaya yang sangat baik bahkan dari sisi pandangan agama Islam sekalipun.

Bacaan Lainnya

Hanya saja, Mahfud menyebut bahwa Halal Bihalal bukan hanya tradisi untuk mempersatukan antar umat Islam semata, lebih dari itu yakni menyatukan antar manusia yang berbeda-beda suku, agama, ras dan antar golongannya.

“Meskipun namanya halal bihalal dari tradisi Islam Indonesia, tapi halal bihalal kita bukan hanya untuk orang Islam, tapi untuk semua manusia,” kata Mahfud MD dalam silaturrahmi dengan paguyuban Sahabat Mahfud Nasional secara virtual, Minggu (16/5/2021).

Ditegaskan Mahfud, sebagai bangsa Indonesia yang memiliki berbagai perbedaan yang sangat luas, persaudaraan harus dibangun dalam bingkai kemanusiaan, tidak boleh hanya sekedar eksklusifitas kelompok agama atau suku semata.

“Persaudaraan itu dibangun antar manusia, bukan hanya antar orang Islam saja,” ujarnya.

Dan ia juga meluruskan tentang makna sebenarnya dari Ukhuwah Islamiyah yang banyak beredar di kalangan masyarakat. Menurut hematnya, Ukhuwah Islamiyah bukan dimaknai sebagai persatuan atau persaudaraan antar umat Islam saja, akan tetapi persaudaraan yang mengandung nilai-nilai keislaman.

“Ada persaudaraan antar orang Islam saja yakni ukhuwah islamiyah, bukan hanya diterjemahkan sebagai persaudaraan sesama islam, tapi persaudaraan yang berwatak islami karena islam ini kata sifat. Itu arti substantifnya, tapi harfiahnya hanya disebut persaudaraan antar islam saja. Maka kemudian ada ukhuwah basyariah,” tutur Mahfud.

Ia berharap budaya baik silaturrahmi yang menjadi tradisi khas umat Islam Nusantara itu bisa tetap dijaga dan diletarikan dengan baik.

“Halal bihalal itu tradisi yang baik. Walaupun tidak menjadi ajaran islam secara khusus, tapi ada dalil di atas halal bihalal yakni soal silaturrahmi,” pungkasnya. [NOE]

Pos terkait