Datangi Kedubes AS, KSPI Kirim Surat ke Joe Biden

  • Whatsapp
Aksi KSPI bela Palestina
Aksi solidaritas buruh untuk Palestina oleh KSPI di depan Kedubes AS di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 18 Mei 2021. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melayangkan surat resmi kepada Joe Biden melalui Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

“Hari ini KSPI melakukan aksi solidaritas untuk bangsa Palestina di depan kedutaan besar AS, kami akan menyerahkan surat berbahasa Inggris untuk diserahkan kepada Presiden AS Joe Biden,” kata Iqbal di Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Bacaan Lainnya

Surat tersebut kata Iqbal, berisikan tentang desakan organisasi buruh di Indonesia agar pemerintah Amerika Serikat bisa ikut mengintervensi sehingga tentara Israel bisa ditarik dari Palestina.

“Tujuan itu untuk meminta tentara dan polisi Israel di tarik mundur,” ujarnya.

Bagi Iqbal, setiap negara berhak untuk merdeka dan bebas dari penjajahan atas mereka.

“Setiap negara berhak untuk mendapatkan kemerdekaan, oleh karena itu seluruh penjajahan di atas bumi harus dihentikan,” terangnya.

Namun jika tuntutan itu tidak diindahkan dan militer Israel masih saja melakukan agresi di wilayah Palestina, Iqbal mengancam akan menyerukan pemboikotan terhadap seluruh produk Israel di seluruh Indonesia.

“Bilamana itu tidak di dengar, kami akan melakukan boikot terhadap produk Israel,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz mengancam, bahwa aksi tersebut akan menjadi batu loncatan aksi-aksi besar lainnya jika tuntutan mereka tidak mendapatkan respon positif.

“Kita tahu bahwa AS yang selalu memback-up zionis Israel. Saya bisa pastikan ketika zionis Israel tidak diberhentikan, maka mulai besok akan berdatangan massa aksi ke tempat ini,” ancam Riden.

Di lokasi yang sama, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia, Mirah Sumirat menyampaikan, bahwa aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh elemen KSPI dan seluruh federasi di bawahnya adalah bagian dari wujud dukungan mereka kepada Palestina yang tengah dijajah oleh Israel.

“Maka dari itu, kita hadir di sini untuk solidaritas kami kepada rakyat Palestina,” paparnya.

Aksi unjuk rasa tersebut digelar di dua lokasi, yakni di depan kantor PBB di Jakarta dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di bilangan Jl Medan Merdeka Selatan.

Setidaknya, sekitar 200 orang buruh ikut terlibat langsung aksi unjuk rasa di lapangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. [NOE]

Pos terkait