Akhiri Polemik Novel Cs, BKN Sampai Kemenpan-RB Rapat Hari Ini

  • Whatsapp
gedung kpk
Gedung KPK.

Inisiatifnews.com – Polemik tentang pro dan kontra Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) hingga membuat Novel Baswedan dan 56 orang kawan-kawannya tersingkir dari alih status Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menggema.

Pimpinan KPK bakal bertemu dengan pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kemenpan RB hari ini. Pertemuan ini bakal membahas nasib Novel Baswedan dan 74 pegawai lain yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).
“Pertemuan tindak lanjut alih status pegawai KPK menjadi ASN memiliki arti penting bagi insan KPK,” kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (25/5/2021).

Bacaan Lainnya

Ali mengatakan seluruh Pimpinan KPK dijadwalkan hadir dalam pertemuan ini. Dia mengatakan hal itu sebagai bentuk keseriusan pimpinan KPK untuk menuntaskan polemik terkait TWK sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN.

“Seluruh pimpinan KPK akan menghadiri pertemuan di kantor Badan Kepegawaian Negara dimaksud,” ucapnya.

Pertemuan itu akan digelar di gedung BKN, Jakarta Timur, pukul 09.00 WIB. Selain Pimpinan KPK, sejumlah pejabat struktural KPK juga bakal hadir.

Sebelumnya, TWK yang digelar sebagai syarat alih status menjadi ASN berujung polemik. Sejumlah pertanyaan yang dianggap tak nyambung dengan tugas pemberantasan korupsi disebut ditanyakan ke para peserta TWK.

Ada 75 pegawai KPK yang tak lolos. TWK ini kemudian dilaporkan ke mana-mana, antara lain Ombudsman hingga Komnas HAM.

75 pegawai yang tak lolos itu juga telah diminta menyerahkan tugas ke pimpinan masing-masing. Hal tersebut juga memicu protes dari berbagai pihak seperti aktivis antikorupsi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya tak setuju dengan pemberhentian terhadap 75 pegawai KPK itu. Dia meminta para pegawai yang tak lolos agar tidak diberhentikan. []

Pos terkait