Pemberangkatan Haji Indonesia 2021 Batal, HMI Desak Dubes Essam Minta Maaf

  • Whatsapp
HMI bersatu
Massa aksi dari HMI Bersatu menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedubes Arab Saudi untuk Indonesia pada hari Selasa 15 Juni 2021.

Inisiatifnews.com – Puluhan Mahasiswa yang mengatasnamakan diri HMI Bersatu menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia, di bilangan Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Dalam aksinya, mereka menyampaikan protes terhadap Dubes Arab Saudi yang kurang melalukan koordinasi dengan pemerintah Indonesia dalam urusan jadwal pemberangkatan jamaah haji asal Indonesia di musim haji tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Akibatnya kata mereka, pemerintah Indonesia sampai harus mengeluarkan kebijakan pembatalan haji 2021 karena merasa tak kunjung mendapatkan jawaban pasti dari pemerintah kerajaan Arab Saudi hingga batas waktu yang diminta.

Sontak, kebijakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia itu pun membuat pro dan kontra di kalangan bangsa Indonesia, dan pada akhirnya kegaduhan pun terjadi.

“Kami dari HMI mendesak dan mendorong terus kepada kedubes Saudi Arabia untuk segera mengeluarkan permintaan maaf kepada rakyat Indonesia yang tahun ini gagal berangkat haji,” kata Gunawan dalam orasinya, Selasa (15/6/2021).

Dalam kesempatan yang sama, formatur HMI cabang Pusat Utara (HMI Pustara) El Hakim menilai kebijakan pemerintah Indonesia untuk membatalkan pemberangkatan haji 2021 tidak salah. Hal ini karena didasari ketidakjelasan kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang agenda pembukaan kuota haji tahun ini.

“Surat dari kementerian agama yang dikeluarkan karena tidak ada kejelasan dari pemerintah Arab Saudi. Ini jelas kesalahan besar Arab Saudi yang tidak membuka komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah Indonesia, sehingga sah-sah saja Kementerian Agama mengeluarkan surat pembatalan pemberangkatan jamaah haji karena pemerintah Indonesia tidak mau menyakiti hati para calon jamaah haji yang akhirnya batal berangkat tahun ini,” tutur El Hakim.

Ia menilai kegaduhan tentang pembatalan haji 2021 dari Indonesia seharusnya tidak perlu terjadi, jika seandainya pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Duta Besarnya di Indonesia mau berkoordinasi aktif.

“Kami hanya sampaikan kepada Dubes Arab Saudi Syech Essam, seharusnya polemik ini tidak terjadi. Maka kami minta saat ini beliau berani dan tegas meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak semakin menyakiti seluruh bangsa Indonesia yang tidak berangkat haji sudah 2 tahun terakhir,” ucapnya.

Aksi unjuk rasa tersebut berlangsung dengan damai dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Usai menyampaikan aspirasinya, mereka pun membubarkan diri dengan tertib. []

Pos terkait