PPKM, Rakyat Kecil Harus Dibantu Cari Nafkah

  • Whatsapp
Pekerja UMKM
Pedagang Kaki Lima (PKL).

Inisiatifnews.com – Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono menilai seharusnya pemerintah maupun satuan gugus tugas Covid-19 memperhatikan kondisi rakyat kecil di tengah situasi pembatasan segala aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Apalagi rakyat kecil yang bekerja untuk mencari nafkah harian harus dilindungi untuk memenuhi kebutuhan mereka dan keluarganya.

Bacaan Lainnya

“Rakyat kecil yang harus bekerja mencari nafkah sehari-sehari perlu diberikan kesempatan bekerja dengan dibantu agar bisa melakukan protokol kesehatan, termasuk pembagian masker,” kata Pandu, Jumat (16/7/2021).

Sementara bagi mereka yang berada di kelas menengah ke atas, khususnya yang memiliki gaji bulanan agar lebih patuh pada aturan pemerintah, jika bisa bekerja dan beraktifitas dari rumah sebaiknya tetap berada di rumah saja.

“Orang yang terima gaji bulanan harus patuh tinggal di rumah,” tuturnya.

Hal senada juga diutarakan oleh influencer dan dokter Tirta Mandira Hudhi.

Ia mengatakan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hanya bisa efektif jika semua orang yang terdampak langsung dipenuhi kebutuhan hariannya.

“PPKM hanya efektif jika yang terdampak ditanggung juga kebutuhannya. Terutama warga yang penghasilannya harian,” kata dr Tirta.

Menurut dr Tirta, pembatasan apapun kepada masyarakat, namun jika target kebijakan tersebut tidak terpenuhi kebutuhannya maka kebijakan tersebut tidak akan efektif berjalan.

“Karena, mau seketat apapun penyekatan, warga yang sudah kepepet akan tetap keluar mencari uang. Kalau kebutuhan mereka nggak ditanggung ya PPKM nggak akan efektif,” ujarnya.

Pos terkait