Kejar Testing Tracing dan Treatment, Pemerintah Siapkan 49 Ribu Tempat Tidur

  • Whatsapp
Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Inisiatifnews.com – Dalam rangka upaya penanggulangan pandemi Covid-19 dan memberikan pelayan isolasi bagi para pasien Covid-19, pemerintah telah menyiapkan setidaknya 49.000 tempat tidur untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Bacaan Lainnya

“Sudah kami siapkan 49.000 tempat tidur di Pulau Jawa dan Bali,” kata Luhut dalam siaran persnya secara virtual, Senin (2/8/2021).

Menko Luhut menyebut bahwa upaya saat ini bagaimana pemerintah untuk memastikan pemutusan klaster keluarga Covid-19. Sehingga ketersediaan tempat tidur harus terpenihi dengan cukup.

“Kita ingin dengan testing, tracing dan treatment ini, harus bisa isi semua (tempat tidur di RS) sebanyak mungkin. Sehingga kita bisa memastikan memisahkan orang-orang yang kena Covid-19 dari keluarganya. Sehingga klaster keluarga bisa kira kurangi,” ujarnya.

Di sisi lain, Luhut juga menyebut bahwa pemerintah berusaha keras agar masyarakat yang terlanjur terjangkit bisa diselamatkan dengan semaksimal mungkin. Apalagi mereka yang mengalami kesulitan pernafasan dan saturasinya rendah.

“Kita ingin menghindari orang yang bisa meninggal karena saturasi oksigen sudah turun dan mengalami pemburukan, dan baru dibawa ke rumah sakit sehingga berpotensi menimbulkan kematian karena keterlambatan mendapatkan penanganan,” tuturnya.

Pos terkait