TKA China Masuk Indonesia Saat PPKM, Alifudin: Kasihan Rakyat

  • Whatsapp
alifudin
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Alifudin.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Alifudin, mempertanyakan tujuan masuknya 34 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang masuk ke Indonesia saat PPKM Level 4.

Para TKA China yang memegang Izin Tinggal Terbatas (Itas) itu masuk via Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (7/8) kemarin.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya pemerintah memberlakukan pelarangan orang asing masuk ke Indonesia selama masa pandemi COVID-19, dan pelarangan tersebut diperluas lagi selama masa PPKM dengan terbitnya Peraturan Menkumham Nomor 27 Tahun 2021.

“Banyak pertanyaan yang muncul dari masyarakat, kok bisa ya TKA China masuk ke Indonesia di saat masa PPKM Level 4. Padahal, ada pembatasan untuk TKA di masa PPKM ini, walau ada kategori yang diizinkan,” kata Alifudin, Senin (9/8/2021).

Ia meminta agar identitas 34 TKA China tersebut. Termasuk kemana tujuan mereka masuk Indonesia, serta dalam kepentingan dan kapasitas apa.

“Tapi eloknya dibuka secara terang benderang 34 TKA itu masuk dalam kategori mana dan tujuan ke Indonesia untuk apa, jangan buat drama,” ujarnya.

Alif menegaskan, bahwa aturan pelarangan orang asing masuk ke Indonesia harus diperjelas walaupun terdapat pengecualian, karena saat ini varian Delta pun sedang menggila di China. Ia khawatir, pandemi sulit diatasi dan PPKM yang dijalankan pemerintah bisa kacau-balau.

“Varian Delta sedang menggila di China sampai banyak pejabat di China kehilangan jabatannya, seharusnya pemerintah Indonesia mendeteksi lebih teliti, jika TKA China masuk dalam kategori pengecualian, namun harus diketahui bersama maksud, tujuan dan pembutian TKA China masuk ke Indonesia, apalagi implementasi 3 T masih banyak kekurangan,” tegasnya.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 akan berakhir pada Senin (9/8) hari ini, jika melihat kasus harian Covid-19 di Indonesia, memang ada kecenderungan memiliki tren semakin menurun. Namun ia harap ini bukan menjadi dalil yang dipakai pemerintah untuk mengijinkan TKA China masuk terlebih dahulu.

“Jangan karena PPKM Level 4 akan berakhir TKA China diperbolehkan masuk Indonesia, walau ada pengecualian ya, dan juga jangan karena kasus harian menurun, yang juga testing hariannya menurun, Inkonsistensi pemerintah selalu diperlihatkan ke publik jadinya,” tambahnya.

Alifudin juga meminta agar pemerintah membatalkan atau memulangkan TKA China jika tidak sesuai dengan prosesur.

“Dan kami akan panggil pihak terkait agar hal ini tidak menjadi penyebab kembali tingginya kasus Covid. Kasihan rakyat, kemana-mana dilarang, orang asing malah bebas masuk,” pungkasnya.

Pos terkait