Tak Mau Cuma Lihat Sisi Negatif Pemerintah Seperti PKS, Ini 4 Sikap NU

  • Whatsapp
nadirsyah hosen
Nadirsyah Hosen alias Gus Nadir. Twitter / @na_dis

Jakarta, Inisiatifnews.com – KH Nadirsyah Hosen atau yang karib disapa Gus Nadir menyayangkan sikap politik yang dipilih oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang hanya ingin melihat sisi negatif pemerintah sebagai dalih sikap oposisi mereka.

Menurut Rais Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Australia – Selandia Baru tersebut, menyebut 4 (empat) sikap yang menjadi rujukan kaum Nahdliyyin.

Bacaan Lainnya

“Beda memang sikap PKS ini dengan dawuh para Kiai NU, agar kita selalu bersikap tawasuth, tawazun, tasamuh dan i’tidal,” kata Gus Nadir, Rabu (1/9/2021).

Bagi Gus Nadir, sikap politik yang dipilih PKS sangat tidak pas jika merujuk dari akhlak Nahdlatul Ulama. Sikap organisasi Islam terbesar di Indonesia itu akan melihat segala selalu secara obyektif. Ketika pemerintah salah maka akan diingatkan, dan ketika pemerintah benar maka perlu diapresiasi.

“Mosok cuma lihat negatifnya aja,” tambahnya.

Ada empat sikap yang diambil oleh NU berdasarkan nasihat para kiai dan sesepuh. Antara lain tawasuth yang artinya berada di tengah-tengah, tidak akan selalu membenarkan sesuatu dan juga tidak akan menyalahkan segala sesuatu.

Kemudian ada sifat tawazun yang artinya berimbang. Kader NU tidak akan condong kepada siapapun dalam bersikap secara politik dan sosial.

Selanjutnya ada tasamuh yakni toleransi. Dalam bersikap dengan orang lain sebagai bagian dari kodrat manusia sosial, kader NU selalu memberikan ruang kepada orang lain untuk berbeda sikap sebagai bentuk dari rasa toleransi antar sesama umat manusia.

Dan yang terakhir adalah i’tidal. Di mana para kader NU akan mengambil sikap teguh dalam menjalankan prinsip, tidak mudah terombang-ambing di dalam situasi yang berkembang.

Sementara itu, Mardani Ali Sera sebagai Ketua DPP PKS sempat menyebut, bahwa sikap oposisi partainya adalah cenderung untuk melihat segala sesuatu dari pemerintah dari kacamata sisi negatifnya saja.

Dalih yang diambil oleh Mardani adalah, agar pemerintah tetap berada di jalurnya dan tidak melakukan kesalahan-kesalahan dalam menjalankan roda kepemimpinannya. Sehingga sisi negatif dari pemerintah tersebut akan terus dikritisi secara solutif dan konstruktif.

InsyaAllah PKS istikamah mengawal Pemerintah dengan kritik yang solutif dan konstruktif, karena itu PKS akan terus lihat sisi negatif agar Pemerintahan Pak Jokowi tidak berpuas diri,” kata Mardani dalam kicauan akun Twitternya.

Pos terkait