Wah! Jenderal Andika Perkasa Kandidat Terkuat Jadi Panglima TNI

  • Whatsapp
Jenderal TNI Andika Perkasa
Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon menyampaikan, bahwa salah satu kandidat kuat untuk memegang tongkat komando Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto adalah Jenderal TNI Andika Perkasa.

Insya Allah, semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI,” kata Effendi dikutip dari Holopis.com, Jumat (3/9/2021).

Bacaan Lainnya

Saat ini, Jenderal TNI Andika Perkasa menjabat sebagai Kepala Satuan Angkatan Darat (KASAD).

Sementara itu, politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, bahwa pengganti Jenderal Andika sebagai Kepala KASAD adalah Penglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

“Jenderal Dudung Abdurachman menjadi Kasad,” tegasnya.

Jika pergantian Panglima TNI jatuh pada Jenderal Andika, maka masa jabatannya tersebut tidak panjang. Andika Perkasa hanya memiliki waktu satu tahun menjadi orang nomor satu di institusi TNI tersebut. Jenderal Andika juga akan memasuki masa pensiun di tahun depan yakni 2022.

Saat ini, jabatan Panglima TNI diisi dari matra Angkatan Udara. Sebelum Marsekal Hadi Tjahjanto, Panglima TNI diisi Jenderal Gatot Nurmantyo serta Jenderal Moeldoko yang keduanya berasal dari matra Angkatan Darat.

Sejak Jokowi dilantik menjadi Presiden pada 2014, sudah tiga kali jabatan Panglima TNI berganti. Namun, tak sekalipun dalam periode tersebut, matra angkatan Laut menjabat sebagai Panglima TNI.

Pos terkait