Luhut Jelaskan Kenapa Level PPKM Sulit Turun

  • Whatsapp
Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Pemerintah menuding di beberapa wilayah Kota maupun Kabupaten masih ada yang belum mampu memuhi target indikator kesehatan yang telah ditentukan.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, ada beberapa ketimpangan data yang tersebar di daerah.

Bacaan Lainnya

“Meskipun indikator transmisi mengalami perbaikan seperti yang saya sebutkan sebelumnya, namun indikator respon kesehatan pada banyak wilayah kota Kabupaten masih belum memenuhi target yang ingin kami capai,” kata Luhut, Senin (6/9).

Luhut kemudian mengakui bahwa pihaknya bersama dengan Menteri lainnya diperintahkan oleh Presiden Jokowi untuk segera menangani persoalan tersebut.

“Fokus inilah yang menjadi tujuan pemerintah dalam beberapa Minggu kedepan dan Presiden memerintahkan kami untuk melakukan ini semua dengan cermat,” ungkapnya.

Koordinator PPKM ini mencontohkan, terkait rasio kontak erat yang ternyata masih ada di bawah rata-rata Dicontohkannya ketika pada rasio kontak erat meskipun telah terjadi kenaikan signfikan rasio kontak erat dari 3,37 ke awal Agustus menjadi 7,895 per 5 september, namun pada banyak daerah rasio kontaknya masih di bawah 5.

“Sehingga kemudian menghambat daerah tersebut untuk menjadi turun level,” imbuhnya.

Meskipun begitu, Luhut mengklaim bahwa pemerintah pusat akan bekerjasama dengan daerah untuk bisa menyelesaikan persoalan tersebut secepat mungkin.

“Ini penting sekali kami berharap memang bisa sampai rata-rata 10 kontak erat target pada waktu 2- 3 Minggu kedepan,” pungkasnya.

Pos terkait