Bakal Buka PON XX, Jokowi Terbang ke Papua

  • Whatsapp
Jokowi
Presiden Joko Widodo di pesawat kepresidenan.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo hari ini bertolak ke Papua. Kepala Negara itu terbang menggunakan pesawat kepresidenan dari Lanud TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Saya terbang menuju Papua hari ini dan bermalam di Jayapura,” kata Presiden Joko Widodo, Jumat (1/10).

Bacaan Lainnya

Kedatangan Kepala Negara tersebut adalah untuk membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVI di Papua.

“Sampai bertemu besok di arena pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX,” ujarnya.

Rencananya, agenda pembukaan PON XX akan digelar di Stadion Lukas Enembe yang berada di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua pukul 19.00 waktu setempat.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD menyampaikan, bahwa berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukannya bersama Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian, pembukaan PON XX sudah siap digelar.

“Semua berjalan lancar, tinggal menunggu hari H pembukaan oleh bapak Presiden,” kata Mahfud MD.

Menteri Pertahanan era Presiden Gus Dur itu mengajak semua pihak untuk ikut membantu melakukan suksesi ajang olahraga nasional berkelas dunia tersebut.

“Mari saudara-saudaraku warga Papua. Bapa, mama, adik, kaka, kitorang sukseskan PON dan Peparnas di Papua. Warga Indonesia di berbagai wilayah, mari kita simak pembukaan PON dan berbagai pertandingan melalui layar televisi masing-masing,” serunya.

Ditegaskan Mahfud, PON XX Papua Peparnas XVI ini tidak hanya sebagai ajang olahraga yang merebut piala dan menunjukkan prestasi semata. Lebih dari itu, pekan olahraga nasional ini juga ditujukan untuk upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah di Timur Indonesia itu.

“PON kali ini tidak hanya untuk mencari dan mengukur prestasi atlet-atlet berbakat dari seluruh Indonesia, tapi PON Papua juga adalah simbol pembangunan, kemajuan, dan keamanan warga Papua, sama seperti daerah lain di tanah air,” tegasnya.

Pos terkait